Menggunakan Gamsil atau Retainer gigi setelah memakai behel, apakah boleh?

DI Info Penanya: DI, Pria
Dok,apakah boleh setelah memakai behel lalu maemakai gamsil perapai gigi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi DI.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Penggunaan behel atau kawat gigi diindikasikan pada gigi yang tidak rapi seperti kasus maloklusi, malposisi, atau malrelasi pada gigi. Umumnya pemakaian kawat gigi, lamanya ditentukan oleh gigi mana saja yang harus dirapikan agar terlihat rapih dan berfungsi dengan baik. Waktunya biasaya bertahun-tahun tergantung kasusnya.

Apabila memang gigi Anda sudah rapi menggunakan kawat gigi, dan diindikasikan untuk selesai perawatan kawat gigi oleh dokter gigi spesialis orthodentis, Anda dapat melepas kawat gigi Anda. Setelah dilepas, Anda dapat menggunakan retainer gigi atau gumsil gigi untuk mempertahankan kerapian gigi Anda. Lamanya penggunaan retainer gigi juga akan diindikasikan tergantung kondisi gigi Anda. Namun perlu diingat, retainer gigi seperti namanya "retain", hanya mempertahankan bentuk gigi yang sudah rapi, sehingga tidak bermanfaat pada gigi yang belum rapi. 

Saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi gigi ke dokter spesialis orthodentis  agar Anda mendapatkan saran mengenai bagaimana cara agar bentuk gigi bisa bagus secara aesthetic maupun fungsinya. Cara lain untuk merapikan gigi juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dr. spesialis orthodentis, karena untuk merapikannya dan menentukan diagnosis dokter gigi minimal harus melakukan pemeriksaan gigi dan rontgent gigi, untuk menentukan penanganan yang sesuai dengan Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

dr.Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi bisa berupa Si Kecil yang cenderung mengunyah benda-benda di sekitarnya, termasuk mainan

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi Tidak Hanya Demam

Saat bayi tumbuh gigi, ia mungkin akan sedikit rewel atau suhu tubuhnya meningkat. Namun, hal ini wajar selama proses pertumbuhan gigi bayi ini tidak menganggu kemampuannya untuk menyusu dan tidak berlangsung lama.