menggunakan behel dan gigi begian depan retak akibat tekanan

V Info Penanya: V, Wanita, 27 Tahun
Halo dokter, saya menggunakan behel & gigi bagian depan saya seperti retak akibat tekanan besi. Apakah memang gigi saya retak? Apakah ada upaya untuk memperbaiki kondisi ini? Mengingat retaknya masih minor. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam V

Pemakaian behel biasanya digunakan untuk memperbaiki oklusi atau susunan gigi. Dengan pemakaian behel gigi akan mendapat tekanan sehingga secara perlahan akan terkoreksi susunannya. 

Namun jika selama pemakaian behel terjadi keretakan, maka harus di evaluasi ulang. Mungkin perlu dilakukan foto periapikal untuk melihat tingkat fraktur atau retakannya. Karena dengan adanya tekanan breket selama pemakaian behel maka ada resiko terjadi nekrosis pulpa dan gigi bisa rusak dan nekrosis

Saya sarankan agar berkonsultasi lagi dengan dokter gigi bagian konservasi gigi mengenai evaluasi retakan gigi dan behel anda, jika terlalu berat retakan mungkin behel harus dilepas dan menjalani perawatan saluran akar dulu. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tambal gigi adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah

Ternyata Tambal Gigi Bisa Dilakukan untuk Gigi Patah, Bagaimana Prosedurnya?

Gigi patah adalah risiko yang dapat terjadi saat berolahraga. Gigi yang patah membutuhkan penanganan segera karena mempengaruhi keberhasilan prosedur. Tambal gigi patah adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah.