03 Jun 2020, 19:23Kulit & Kelamin

Mengapa pakai masker lemon jadi terasa perih?

AS
Info Penanya: AS0
Di antara hidung dan mulut saya muncul jerawat, seperti jerawat batu tapi permukaannya semakin menimbul. Saya takut itu akan menjadi kutil karena dulu di bagian hidung bawah muncul jerawat yg akhirnya menjadi seperti kutil yang akhirnya hilang karena bulatan kutil tersebut lepas dan berdarah tapi sekarang sudah baik-baik saja. Yang ingin saya tanyakan, saya mengatasi jerawat kali ini dengan perasan jeruk lemon. Apakah hal itu sudah benar? Tapi hidung bagian samping menjadi perih. Bagaimana ya?
51082 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat siang, AS. Jerawat merupakan peradangan yang terjadi pada kulit akibat terjadinya sumbatan pada pori-pori. Pada umumnya jerawat lebih sering muncul di daerah wajah. Sebab tanpa sengaja mungkin kita sering memegang wajah.Lemon merupakan sumber vitamin C alami yang saat ini sedang populer digunakan sebagai produk kecantikan. Khususnya sebagai masker wajah. Air lemon memang memiliki manfaat sebagai anti peradangan dan anti bakteri untuk melawan jerawat membandel, namun pernggunaan air lemon yang kurang tepat dapat menimbulkan beberapa efek samping terutama jika digunakan setiap hari.

Berikut ini merupakan efek samping air lemon sebagai masker wajah, yaitu:

  • Iritasi kulit. Hal ini dapat terjadi karena efek asam yang kuat pada lemon membuat kulit menjadi kering, mengelupas dan kemerahan. Efek ini akan lebih buruk pada pemilik kulit sensitif.
  • Fitophotodermatitis. Reaksi kulit yang terjadi akibat buah jeruk lemon, jika kulit terkena matahari akan langsung terjadi reaksi peradangan.
  • Leukoderma atau vitiligo. Terjadinya kehilangan melanin pada kulit sehingga kulit menjadi lebih terang dibanding kulit bagian lainnya. 
Terkait dengan kondisi Anda, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan lemon sebagai masker. Sebab bisa saja kulit Anda terlalu sensitif terhadap zat asam yang terkandung pada buah lemon. Segera konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mengatasi masalah Anda dan mengetahui jenis kulit Anda.

Untuk sementara Anda dapat melakukan hal sebagai berikut:

  • Hentikan penggunaan masker lemon jika kulit terasa pedih, kering, kemerahan dan mengelupas.
  • Kompres wajah menggunakan es batu untuk mengurangi rasa pedih.
  • Oleskan madu untuk mengurangi peradangan yang terjadi.
  • Jangan memencet jerawat.
  • Rajin mencuci wajah dan jangan sering memegang wajah. 
  • Tidur cukup, makan sayur dan buah.
  • Banyak minum air putih.
  • Olahraga teratur.
 Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil