08 Dec 2020, 01:31Kandungan

Bagaimana cara untuk mengugurkan kandungan?

IT
Info Penanya: IT0
Selamat malam dok . ini dok terakhir saya haed itu tanggal 06 bln nov. Skarang tgl 08 bln des. Baru saya tesfek . hasil nya fositip mungkin. 2garis . tapi saya bisa untuk menghilangkan dari kehamilan ? Anak anak saya masih kecil dok . saya masih belum siap untuk hamil lagi bagai mna cara nya apakah bisa untuk menghilangkan nya . maksud nya supaya bisa haed lagi maap dok ?????
2181 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ITTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan dapat terjadi karena adanya pembuahan sel telur yang dilakukan oleh sperma yang kemudian akan berkembang menjadi janin setelah melekat pada dinding rahim.  Abortus atau keguguran adalah hilangnya kehidupan janin di dalam kandungan kurang dari 20 minggu.  Abortus dapat terjadi secara alamiah, disengaja, atau atas indikasi medis. Mengugurkan kandungan atau aborsi diatur dalam undang-undang No. 36 tahun 2009 pasal 75 ayat 1.  Dalam pasal tersebut sudah dinyatakan bahwa aborsi dilarang dilakukan oleh setiap orang.  Jadi melakukan aborsi yang disengaja merupakan tindakan illegal dan dapat dipidanakan.  Terdapat dua pengecualian aborsi diperbolehkan seperti yang tercantum pada pasal 75 ayat 2.

Tindakan aborsi diperbolehkan jika :

  • Atas indikasi medis
    Dokter menilai bahwa janin mengalami kecacatan yang berpotensi untuk janin hidup ketika dilahirkan dan berpotensi mengancam jiwa baik ibu ataupun janin. Hal ini akan terdeteksi ketika awal kehamilan.
  • Kehamilan karena tindakan perkosaan yang menimbulkan trauma psikologis.
Anda dapat periksa ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan adanya kehamilan dengan pemeriksaan USG.  Saat ini, sebaiknya mensyukuri apa yang diberikan kepada anda dengan menjaga kehamilan.  Janin memiliki hak untuk hidup dan bukan tugas manusia untuk menentukkan apakah janin tersebut pantas hidup atau tidak.  Untuk selanjutnya, lakukan hubungan intim dengan kondom atau gunakan kontrasepsi seperti suntik KB, KB spiral ataupun implant agar mencegah kehamilanSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hamilkehamilantes kehamilanabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil