menggigil jika malam karena apa?

SU Info Penanya: SU, Pria, 31 Tahun
doc. mau ty...sy laki2 umr 30.kenapa ya. badan saya. agak meggigil kl malam hari.tubuh terasa lemas dan kepala agak psing..kadang mual2.. it smua terjadi mlm hari... kl siang normal2 aj.kenapa ya. trimkasih sblm.a
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang C,

Menggigil adalah kondisi tubuh melakukan kontraksi berulang, hal ini bisa terjadi ketika udara dingin, ketakutan, sedang terjadi infeksi pada tubuh, menuju demam, masalah hormonal seperti masalah tiroid dan penyebab lain.

Apabila disertai badan panas maka perlu diperhatikan suhu tubuhnya, jika lebih dari 37,5 berarti terjadi demam dan perlu diberikan obat penurun panas.

Penyebab demam

Demam dan menggigil di malam hari dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Flu
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Demam tifoid
  • Demam dengue
  • Infeksi saluran pencernaan seperti diare
  • Penyebab lainnya

Untuk itu apabila ada mual dan pusing serta demam berlangsung lebih dari 3 hari agar segera memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam agar dipastikan penyebabnya. Bisa dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium darah untuk tau apa penyebabnya.

Semantar ini perlu menjaga asupan cairan tubuh, perbanyak istirahat, perhatikan pola makan dan asupan makan serta bisa minum obat untuk mual seperti antasida tablet sebelum makan dan vitamin B6. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan dbd dan corona cenderung tidak kentara

Perbedaan DBD dan Corona Tak Kentara, Awas Salah Diagnosa

Perbedaan DBD dan corona memang sulit dilihat, terutama jika ketika penyakit masih ringan. Perbedaan biasanya baru terlihat apabila tes laboratorium sudah dilakukan.