mengetahui istri selingkuh dan cara mempertahankan pernikahan karena alasan anak

DH Info Penanya: DH, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya, gimana baiknya untuk saya dan pernikahan saya, saya mengetahui istri saya selingkuh dan bukti foto serta pengakuan istri tentang perselingkuhannya. Disatu sisi saya mencoba untuk memaafkan kesalahannya, saya mencoba mempertahankan nya karena alasan salah satunya anak dan mudah"an bisa baik lagi semuanya. Akan tetapi dalam hari hari yg dijalanai saya merasa tidak dihargai selalau terbayang bukti dan pengakuan. Meskipun saya sudah memaafkan nya. Mohon bimbingan nya harus seperti apa dan bagaimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DH

Dalam suatu pernikahan kewajiban suami adalah menjaga kelangsungan harmonisasi rumah tangganya dengan istri. Disaat istri anda menghianati dan berselingkuh, jika dia bertaubat melakukan perzinahan dan berhenti berselingkuh, serta menunjukkan kesungguhan untuk tetap menjaga rumah tangga bersama anda. Hal tersebut menjadi kewajiban bagi anda untuk memaafkan istri serta menjaga kerahasiaan aib yang telah diperbuat istri anda.

Namun jika ternyata istri tetap tidak berubah, terus mengkhianati anda, hal ini dapat menjadi tekanan bagi batin anda, memicu perpecahan dan menghilangkan harga diri anda, kondisi ini tidak baik buat diri anda dan keluarga termasuk memicu perubahan kepribadian bagi anak jika terus melihat orang tuanya bertengkar. Pada akhirnya perpisahan menjadi cara yang harus diambil.

Saran saya sebaiknya anda berbicara dengan istri, jika terdapat kesungguhan menjaga rumah tangga maka dapat melanjutkan hubungan, selain itu anda dapat meminta saran dari orang lain seperti orang tua dan konselor psikolog untuk mendapatkan arahan apakah tetap mempertahankan atau berpisah.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak bisa mengalami dampak lebih besar dalam perceraian, dibandingkan orangtuanya.

5 Hal yang Harus Dihindari untuk Kurangi Dampak Perceraian bagi Anak

Perceraian bisa menimbulkan kesedihan mendalam bagi orangtua. Bagitu pula bagi anak. Terkadang, dampak perceraian bagi anak, lebih besar dari yang dirasakan orangtua. Sebab, perceraian bisa membuat anak bimbang, untuk mengambil keputusan yang sulit, yaitu memilih ayah atau ibu.