Mengenali emosi seseorang bagaimana caranya?

HF Info Penanya: HF, Wanita, 21 Tahun
halo dok, saya ingin bertanya apakah kita dapat mengenali emosi seseorang dari situasi/kondisi yang dia alami saat itu? lalu, faktor apa saja yang mempengaruhi/menimbulkan emosi seseorang? apakah faktor pola hidup (internal), keluarga, lingkungan sekitar (kuliah/kerja), sosial budaya itu termasuk? jika ya, contoh kondisi/situasi dari faktor tersebut yang dapat membuat seseorang senang/sedih/marah/takut itu seperti apa ya? terima kasih dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HF,

Emosi adalah perasaan yang muncul sebagai luapan apa yang sedang dirasakan atau dialami oleh seseorang. Dan tentunya hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi emosi seseorang adalah:

  • Pola didik sejak dini yang ada di dalam keluarga. Bila di dalam keluarga sering bertengkar, maka tanpa diajarkan maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mudah marah dan berperilaku kasar.
  • Pendidikan yang ada di sekolah, baik perlakuan dari guru, atau teman sebayanya.
  • Pergaulannya. Bila bergaul bukan dengan teman sebaya maka bisa saja menjadi pribadi yang dewasa sebelum waktunya, sehingga akan terkesan kurang ajar karena terbiasa bergaul dengan orang-orang yang jauh lebih dewasa.
  • Adanya trauma di masa lalu.
  • Adanya beban masalah dan bagaimana solusi pemecahannya.

Semuanya saling berkaitan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan faktor sosial budaya dengan terbentuknya kepribadian atau emosi seseorang. Namun semuanya juga bergantung pada pola pikir pribadinya sendiri. Karena belum tentu hal-hal yang buruk akan menular, namun secara umumnya akan mudah menular dan mempengaruhi seseorang.

Lakukan konseling dengan psikolog bila Anda tidak dapat mengendalikan emosi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beristirahat saat lelah termasuk salah satu cara meredam amarah agar tak lepas kendali

7 Cara Meredam Amarah yang Efektif agar Tak Meledak-ledak

Rasa marah yang tak terkendali bisa memicu masalah besar dalam hidup Anda. Karena itu, penting untuk tahu cara meredam amarah yang tepat. Dengan mengontrolnya, Anda dapat mengatasi masalah dengan hati lebih tenang.