Mengenal premenstrual syndrome

TT Info Penanya: TT, Pria, 21 Tahun
Dok, saya sudah pms sudah 2 minggu ga berhenti, kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ML.

Premenstrual syndrome merupakan suatu keadaan dimana sejumlah gejala terjadi secara rutin dan berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS ditandai dengan gejala ketidaknyamanan perut, sakit kepala, nyeri, cepat marah dan stres. Faktor yang mempengaruhi PMS antara lain dari faktor keluarga dan faktor psikologis, contohnya depresi.

Gejala PMS yang paling umum adalah suasana hati yang labil, mudah marah, nafsu makan menigkat, pelupa, sulit berkonsentrasi, mudah menangis, haus, jerawat, gangguan pencernaan, muka merah, jantung berdebar, pusing dan edema ekstremitas bawah. Gejala premenstrual syndrome biasanya timbul selama 7-10 hari terakhir dari siklus menstruai.

Terkait dengan keluhan anda, harus dipastikan apakah keluhan yang anda rasakan merupakan premenstrual sindrome atau ada penyebab lain. Sebaiknya anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terapi mengonsumsi madu sebelum berhubungan seks terbukti meningkatkan kesuburan

Rupanya, Madu Penyubur Kandungan Bukan Sekadar Mitos

Para pasangan yang sedang menanti keturunan tentu saja telah mencoba beragam cara agar cepat hamil. Tak hanya madu penyubur kandungan, perubahan gaya hidup juga diperlukan untuk mewujudkan dua garis di alat tes kehamilan.