Mengenal penyakit kulit bersisik (ichthyosis vulgaris) dan perawatannya

B Info Penanya: B, Pria, 25 Tahun
Dok, saya ingin bertanya seputar penyakit Ichthyosis vulgaris. Mohon penjelasan dari, Dokter. 1. Bagaimana mengurangi alergi dari icthyosis vulgaris pada telapak tangan? 2. Bagaimana cara penyembuhannya secara total ? 3. Apakah pengobatan terkait ichtyosis vulgaris dapat diklaim ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak B,

Ichthyosis Vulgaris atau Fish Scale Disease atau disebut juga Fish Skin Disease adalah salah satu penyakti bawaan pada kulit yang ditandai dengan menumpuknya sel kulit mati sehingga terlihat seperti kulit bersisik atau kulit ikan. Seorang anak akan mewarisi salah satu Gen dominan untuk penyakit ini dari orang tuanya yang disebut Autosomal Dominan.

Kelainan ini biasa muncul saat masih anak - anak, dan pada banyak kasus akan sembuh dengan sendirinya saat memasuki usia dewasa. Namun penyakit dapat kemudian timbul lagi.

Ichthyosis Vulgaris yang baru muncul saat usia dewasa (Acquired Ichthyosis) umumnya terkait dengan Penyakit lain seperti Kanker, Kelainan kelanjar Thyroid dan Gagal Ginjal Kronik (GGK).

Perjalanan penyakit dikatakan Kronik karena berlangsung dalam jangka waktu lama dan terjadi terus menerus. Lokasi sering pada siku, lutut, dan tulang kering.

Gejala – Gejala Ichthyosis Vulgaris adalah :

  • Kulit kering, bersisik
  • Sisik kecil, dalam bentuk poligon
  • Sisik berwarna putih, abu-abu kotor, atau coklat. Orang-orang dengan kulit lebih gelap cenderung memiliki sisik berwarna gelap.
  • Kulit kering pada kulit kepala
  • Pecah-pecah di telapak tangan dan telapak kaki yang menimbulkan rasa sakit pada kasus yang parah

Gejala akan menjadi lebih parah saat cuaca dingin dan kondisi lingkungan yang sangat kering.

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara total penyakit Ichthyosis Vulgaris, sehingga tujuan pengobatan adalah hanya untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan saja.

Pengobatan yang umum dilakukan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin , adalah :

  1. Pemberian resep krim atau salep dengan tujuan melembabkan kulit yang sakit, biasanya diberikan Alpha Hydroxy Acids seperti Lactic Acid and Glycolic Acid.
  2. Pemberian Vitamin A ( Retinoid) sebagai tambahan.

Saran kami untuk pemeriksaan lebih lanjut, supaya Bapak mengunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK) terdekat di Kota Bapak.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.