Mengenal penyakit influenza (flu)

MA Info Penanya: MA, Pria, 19 Tahun
Anak saya demam . Panas , juga pilek .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA.

Jika di lihat dari keluhan yang anda sampaikan, anak anda mengalami infeksi pada saluran pernapasan yakni influenza.

Influenza merupakan infeksi saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh virus influenza, dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat.

Gejala penyakit ini berupa rasa tidak enak badan, demam, hidung berair/hidung tersumbat, rasa pegal linu lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

Penyebab influenza adalah virus RNA yang termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae yang dapat menyerang burung, mamalia termasuk manusia. Virus ditularkan melalui air liur terinfeksi yang keluar pada saat penderita batuk, bersin atau melalui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, ingus) penderita. Sampai saat ini sudah ditemukan beberapa vaksin yang bisa menangani virus influenza.

Flu sendiri merupakan suatu penyakit yang self-limiting, dimana bila tidak terjadi komplikasi dengan penyakit lain, maka setelah 4-7 hari penyakit akan sembuh sendiri. Daya tahan tubuh seseorang akan sangat berpengaruh terhadap berat ringannya penyakit tersebut.

Untuk mengurangi keluhan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :

  1. Istirahat yang cukup
  2. Konsumsi makanan dengan kalori dan protein yang tinggi akan menambah daya tahan tubuh. Makan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin.
  3. Banyak minum air putih, teh hangat, sari buah yang dapat akan mengurangi rasa kering di tenggorokan, dan membantu menurunkan demam.
  4. Berkumur dengan air garam untuk mengurangi rasa nyeri di tenggorokan.
  5. Mandi air hangat bisa membantu menurunkan demam
  6. Berikan obat penurun panas seperti paracetamol.

Karena influenza disebabkan oleh virus, maka antibiotik tidak memiliki pengaruh terhadap infeksi kecuali diberikan untuk infeksi sekunder seperti pneumonia bakterialis.

Kapan ke dokter ?

  • Demam > 38 derajat celcius
  • Sesak
  • Nyeri telinga
  • Napsu makan berkurang
  • Gejala makin memburuk
  • Demam > 2 hari

Selengkapnya tentang influenza, dapat anda baca pada artikel berikut.

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.