Mengenal penyakit bronkitis

IN Info Penanya: IN, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, apakah penyakit bronkitis bisa menyebabkan sesak nafas saat kedinginan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IK.

    Bronkitis adalah suatu penyakit yang ditandai adanya dilatasi (ektasis) bronkus lokal yang bersifat patologis dan berjalan kronik.

    Secara umum penyebab bronkitis dibagi berdasarkan faktor lingkungan meliputi polusi udara, merokok dan infeksi. Infeksi sendiri terbagi menjadi infeksi bakteri (Staphylococcus, Pertusis, Tuberculosis, mikroplasma), infeksi virus (RSV, Parainfluenza, Influenza, Adeno) dan infeksi fungi (monilia). Faktor polusi udara (polusi asap rokok). Sedangkan faktor penderita meliputi usia, jenis kelamin, kondisi alergi dan riwayat penyakit paru yang sudah ada.

    Gejala umum bronkitis meliputi : batuk dan produksi sputum, sesak napas, demam, kelelahan, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

    Terkait dengan keluhan anda, sesak napas sendiri merupakan gejala dari bronkitis. Cuaca dingin bukan merupakan penyebab langsung yang menimbulkan kambuhnya bronkitis, harus di liat bagaimana daya tahan tubuh, adanya alergi terhadap cuaca dingin dimana kondisi ini mempermudah infeksi seperti virus dan bakteri yang dapat menjadi faktor pencetus kambuhnya bronkitis.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.