Mengenal gangguan bipolar

SO Info Penanya: SO, Wanita, 2019 Tahun
Saya selalu memiliki suasana hati yang gampang berubah. saya selalu self harm untuk jadi pelampiasan semua yang ada di hidup saya hingga bekas lukanya menonjol seperti luka parut. Terkadang malam saya tidak bisa tidur karena cemas tentang hari esok bagaimana. Tapi kemudian saya bisa sangat bersemangat yang membuat saya bisa melakukan apapun lalu akan kembali down, Ketika saya sangat cemas, kepala saya bisa pusing dan terasa mual. Ini sudah saya rasakan parah selama 2 tahun terakhir. Keluarga saya bukan keluarga harmonis dan saya tumbuh dalam tekanan Ayah sejak kecil dan baru ini timbul ketika berumur 15 tahun. Apa saya terkena sebuah gangguan kejiwaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SO.

Kemungkinan dari keluhan anda yaitu gangguan bipolar. Menurut PPDGJ III, gangguan afektif bipolar adalah suatu gangguan suasana perasaan yang ditandai oleh adanya episode berulang (sekurang-kurangnya dua episode) dimana afek/mood pasien dan tingkat aktivitas jelas terganggu, pada waktu tertentu terdiri dari peningkatan mood disertai penambahan energi dan aktivitas (mania atau hipomania), dan pada waktu lain berupa penurunan afek disertai pengurangan energi dan aktivitas (depresi).

Yang khas adalah bahwa biasanya ada penyembuhan sempurna antar episode. Episode manik biasanya mulai dengan tiba-tiba dan berlangsung antara 2 minggu sampai 4-5 bulan, episode depresi cenderung berlangsung lebih lama (rata-rata sekitar 6 bulan) meskipun jarang melebihi satu tahun kecuali pada orang usia lanjut. Kedua macam episode tersebut sering terjadi setelah peristiwa hidup yang penuh stres atau trauma mental lain (adanya stres tidak esensial untuk penegakan diagnosis).

Sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater (dokter spesialis kejiwaan), dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti tanya jawab lebih detail tentang keluhan anda, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, mengisi quesioner, agar dapat dipastikan gangguan bipolar ataukah gangguan lain sepeti skizoafektif, sehingga dapat ditangani secara tepat. 

Beberapa tips yang dapat anda lakukan, antara lain :

  • Olahraga 3 kali dalam seminggu, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kesehatan jiwa
  • Selalu berpikir positif
  • Cobalah istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Hindari atau kelola stress dengan baik
  • Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah
  • Lakukan hobi yang anda senangi
  • Berusaha bersosialisasi
  • Mendekatkan diri dengan Tuhan

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tertawa yang dapat dirasakan adalah mengurangi depresi dan melawan stres

Tertawalah, karena Manfaat Tertawa Sangat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran!

Manfaat tertawa untuk kesehatan adalah menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan.