Mengenai penyakit Bell's Palsy yang tidak diobati selama dua tahun.

AP Info Penanya: AP, Pria
Dok kalau penyakit bell palsy udah 2 tahun tidak di obati apakah masih bisa kalau saya ke RS dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AP

Bell's Palsy adalah suatu kondisi akibat gangguan pada saraf kepala yang ketujuh. Misalnya terjadi bengkak atau terjepit, sehingga wajah menjadi lemah atau lumpuh. Penyebab pastinya belum diketahui tetapi dikatakan terkait dengan infeksi virus. Virus seperti herpes, HIV, Cytomegalovirus, Rubella, Influenza B dan lainnya.

Kondisi ini jarang sekali mengenai anak-anak, beberapa faktor resikonya seperti sedang hamil, diabetes, infeksi saluran pernapasan atau riwayat keluarga. Kondisi ini biasanya akan hilang dalam sebulan dengan atau tanpa pengobatan. Bila tidak bisa menimbulkan komplikasi seperti kerusakan permanen saraf di wajah, gerakan spontan yang tidak disadari sampai dengan kehilangan fungsi daerah mata.

Kondisi lain seperti stroke atau tumor bisa mengakibatkan keluhan yang sama. Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut agar penatalaksanaannya sesuai dengan kondisi yang dialami.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh

12 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Bisa Membuat Anda Terhindar dari Penyakit

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang. Hal ini juga bisa membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang sebaiknya dilakukan?