04 Mar 2021, 15:01Mata

Bagaimana cara mengatasi mata minus ?

HY
Info Penanya: HY0
Selamat siang dok, saya mau bertanya sebelumnya saya terakhir memeriksa mata minusnya masih satu setengah akan tetapi saya merasa beberapa bulan belakangan ini saya naik dok minusnya. Saya ingin memesan softlens akan tetapi saya belum sempet untuk mengecek ke optik dikarenakan beberapa alasan. Apakah boleh dok jika saya menambahkan ukuran minusnya pada saat saya memesan softlens? Apakah berbahaya atau tidak ya? Dan baiknya saya menaikan menjadi berapa ya dok? Terimakasih atas waktunya
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, H.Gangguan mata salah satunya titik fokus yang tidak tepat baik karena mata minus, mata plus maupun silinder akan menganggu konsentrasi dan aktifitas sehari-hari. Gangguan mata yang tidak diatasi dengan tepat dan cepat akan membuat mata menjadi lelah, merah, nyeri dan mencetuskan pusing. Mata selain berfungsi sebagai organ penglihatan juga membantu keseimbangan tubuh.

Bagaimana cara mengatasi mata minus ?

Mata minus tidak dapat dihilangkan atau dikurangi dengan makanan maupun obat-obatan. Satu-satunya cara untuk menghilangkan mata minus yaitu operasi lasik dimana operasi lasik tidak bisa menggunakan BPJS dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cara mengatasi mata minus yang Anda alami agar tidak bertambah yaitu :
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Hindari paparan radiasi terus menerus ke mata.
  • Biarkan mata untuk beristirahat.
  • Gunakan kaca mata dengan ukuran yang tepat.
  • Bantu penggunaan kacamata hitam yang berukuran minus saat keluar rumah di siang hari.
  • Makan makanan bergizi terutama tinggi akan vitamin A dan C.  
  • Gunakan softlens dengan kebersihan yang dijaga.
Ukuran mata minus sebaiknya terus dievaluasi terutama jika Anda sudah merasa tidak nyaman dengan ukuran kacamata yang lama. Ukuran mata minus ini tidak bisa ditebak dan diperkirakan sendiri tanpa adanya pemeriksaan langsung di dokter spesialis mata. Untuk itu, periksa segera mata Anda dan selalu jaga kesehatan mata. Pastikan untuk memilih softlens yang sesuai dan nyaman untuk Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
kesehatan matamata minusmata lelah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil