23 Jul 2021, 23:07Kandungan

Kehamilan tidak berkembang, apa ciri-cirinya?

DR
Info Penanya: DR0
Saya baru USG dalam... dan ternyata saya hamil 2 bln... tetapi dokter bilang tidak ada denyut jantung nya ? Tetapi rasa mual sya msih dan rasa ngidam msih ...??
290 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DTerima kasih atas pertanyaan AndaKehamilan tidak berkembang adalah kondisi saat seseorang yang hamil namun janin didalam kandungannya tidak berkembang. Biasanya kehamilan tidak berkembang ini bisa terdeteksi pada awal kehamilan. Kehamilan tidak berkembang ini sering juga disebut dengan kehamilan kosong atau blighted ovum. Seseorang dengan kehamilan tidak berkembang ini biasanya tetap merasakan beberapa gejala yang sering dirasakan oleh ibu hamil, namun, saat dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan dokter, ditemukan bahwa janin tidak berkembang.

Adapun beberapa gejala kehamilan tidak berkembang adalah:

  • Keluar bercak darah atau flek
  • Tidak ditemukan detak jantung janin saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter
  • Adanya nyeri perut hebat
  • Ketuban pecah dini
  • Ukuran janin yang lebih kecil daripada usia kehamilan yang semestinya atau sering disebut dengan istilah IUGR
  • Kadar hormon HCG dalam tubuh ibu hamil menurun
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari kondisi Anda saat ini bisa juga disebabkan oleh ehamilan tidak berkembang. Saat melakukan test pack, wajar jika masih terdeteksi positif. Hal ini dikarenakan alat test pack mendeteksi kehamilan dengan adanya hormon HCG pada urin ibu hamil. Kadar hormon HCG ini tidak langsung hilang begitu saja. Namun memerlukan waktu agar bisa kembali turun seperti saat tidak hamil. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan utk tatalaksana lebih lanjtu terkait dengan kondisi Anda. Usahakan konsumsi makanan bergizi, atasi stres, jaga keberishan area kewanitaan, hindari kecemasan dan lakukan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilkehamilantrimester pertama kehamilanhamil kosong
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil