25 Mar 2021, 10:58Kandungan

Flek darah 1 minggu apakah karena iUD?

RO
Info Penanya: RO0
siang dok. Mu tanya, saya pake kb IUD sudah hampir 1 thn 8 bln. Nah baru-baru ini setelah beres haid 5 hari, masih keluar flek sudah mau 1 minggu. Itu kira" kenapa ya dok Apa ada pengaruh dari IUD Mohon jawabannya makasih ?
177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore ROIUD atau kepanjangannya Intra Uterine Device merupakan alat kontrasepsi yang terdiri dari 2 macam yang hormonal dan non-hormonal. Penggunaan IUD ini sangat panjang bisa mencapai 5-8 tahun pemakaian.

Tanda-Tanda IUD Bergeser

Namun pemakaian IUD ini harus di kontrol secara rutin pada bulan pertama pemasangan, 3 bulan berikutnya, 6 bulan dan 1 tahun sekali untuk mendeteksi adanya pergeseran pada posisi IUD atau tidak. Beberapa tanda adanya posisi IUD yang bergeser adalah:
  • Tidak bisa merasakan tali IUD dengan jari
  • Pasangan anda merasa penis menyentuh IUD saat berhubungan
  • Perdarahan di luar siklus haid atau perdarahan yang banyak
  • Perut bawah tidak nyaman atau nyeri perut bawah hebat
  • Keputihan tidak seperti biasanya

Penyebab IUD Bergeser

Pergeseran ini bisa disebabkan karena kontraksi rahim yang kuat saat haid atau karena kelainan kondisi rahim dan bisa karena pemasangan alat yang tidak benar sebelumnya. Adanya flek darah setelah haid pada anda bisa disebabkan karena sisa darah haid yang bisa keluar kapan pun atau bisa karena adanya perubahan atau pergeseran letak IUD.Karena itu untuk memastikannya sebaiknya anda memeriksakan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan. Apabila memang adanya pergeseran letak IUD maka akan segera diposisikan kembali dengan baik.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
penggunaan kbkontrasepsiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil