Apa itu Imunisasi?

GV Info Penanya: GV
Mengenai imunisasi anak/bayi.Saya selaku orang tua masih ragu, pertanyaan saya adalah apakah anak dari seorang dokter di imunisasi?Jika iya Imunisasi apakah yang di ambil?Saya harap ada jawaban dari dokter Sp.A atau Sp.Og
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, G.

Terima Kasih atas pertanyaan Anda.

Imunisasi adalah suatu tindakan untuk membuat sistem imun seseorang meningkat sehingga kebal terhadap suatu penyakit. Imunisasi memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Tujuan imunisasi adalah membentuk kekebalan tubuh anak sehingga kebal dengan cara membentuk antibodi dengan kadar tertentu. Ada beberapa imunisasi wajib yang perlu anda ketahui bagi anak-anak.

Jenis-jenis imunisasi di Indonesia yang direkomendasikan oleh dokter anak adalah : Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, Hib, Campak, MMR, PCV, Rotavirus, Influenza, Tifus, Hepatitis A, Varisela, HPV, Japanese Encephalitis, Dengue. Sedangkan berdasarkan usia, yaitu :
Imunisasi Dasar :

  • Umur 0 Bulan : Hepatitis B
  • Umur 1 Bulan : BCG dan Polio
  • Umur 2,3 dan 4 Bulan : DPT, Hepatitis B, HIB, Polio
  • Umur 9 Bulan : Campak atau MR

Imunisasi Lanjutan :

  • Umur 18-24 Bulan : DPT, Hepatitis B, HIB, Campak atau MR
  • Kelas 1 SD : Campak dan Dt
  • Kelas 2-5 SD : Td

Walaupun imunisasi memiliki banyak manfaat, kita harus mewaspadai efek sampingnya.
Biasanya akan muncul Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berupa demam, nyeri dan bengkak di daerah bekas suntik, anak sedikit rewel. Reaksi ini hilang dalam 3-4 hari. Terkadang dapat juga terjadi reaksi alergi hingga kejang. Untuk itu disarankan agar anak anda mengikuti imunisasi dan sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis anak terlebih dahulu.

salam sehat,
dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Imunisasi measles rubella wajib diberikan kepada anak

Hal yang Wajib Anda Ketahui Seputar Imunisasi Measles Rubella untuk Anak

Dari sekian banyak imunisasi yang harus dijalani oleh anak, imunisasi measles rubella adalah salah satu imunisasi yang penting untuk diberikan karena mampu mencegah penyakit campak dan rubella yang berpotensi membahayakan nyawa buah hati.