Saat masa nifas bolehkah berhubungan suami istri?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 27 Tahun
Maaf dok saya habis melahirkan sesar. Dan belum habis masa nifas.. tapi saya sudah melakukan hubungan initim.. itu gimana apakah masih bisa suntik KB.. tapi itu suami ga mengeluarkan sperma nya di dalam.. tapi di luar..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Masa nifas merupakan masa dimana keluarnya darah sisa melahirkan atau biasa disebut dengan lokia. Masa nifas umumnya terjadi selam 3-6 minggu setelah seorang wanita melahirkan. Berhubungan setelah menstruasi sebenarnya boleh-boleh saja. Namun disarankan untuk melakukan hubungan seksual setelah masa nifas. Karena berhubungan saat masa nifas, dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, seperti :

  1. Risiko infeksi lebih besar
    Saat masa nifas dan darah yang keluar masih banyak dapat menyebabkan berkembangnya bakteri jika melakukan hubungan seks saat masa nifas belum berakhir. Penyakit yang dapat timbul adalah iritasi organ intim, peradangan panggul, dll.
  2. Nyeri saat berhubungan seks
    Nyeri yang timbul bisa disebabkan karena kelelahan atau bisa disebabkan adanya infeksi.
  3. Berisiko robekan jahitan
    Jika Anda mendapatkan jahitan saat setelah melahirkan dan jahitan belum seutuhnya, berhubungan seks setelah melahirkan dapat berisiko menyebaabkan robekan pada luka operasi.

Jadi pertimbangkan positif dan negatifnya sebelum melakukan hubungan seksual saat masa nifas. Berkaitan dengan penggunaan KB, suntik KB bisa dilakukan saat setelah Anda melewati 1 siklus menstruasi. Dan berhubungan saat masa nifas apalagi ejakulasi dilakukan diluar, untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil atau hampir tidak ada ya. Karena organ rahim masih dalam penyembuhan saat masa nifas dan sel telur belum memulai untuk ovulasi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyakit setelah melahirkan normal yang biasanya terjadi pada ibu adalah mastitis atau infeksi payudara

Waspadai, 7 Penyakit Setelah Melahirkan Normal yang Mungkin Terjadi

Tak hanya saat hamil, berbagai masalah juga bisa saja terjadi setelah melahirkan normal. Bahkan terkadang dapat membahayakan jiwa ibu. Lantas, apa saja penyakit setelah melahirkan normal yang mungkin terjadi?