Mengapa tanggal haid tidak sama setiap bulannya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Hallo dok,sya mau tanya,kenapa ya kalo sya haid itu ga bisa sesuai sperti tgl sya haid bulan sebelumnya, ini sya klau haid psti slalu maju trus dri tgl bulan sebelumnya dan rata*majunya hampir 5 sampai 7 hari, jadi sya haid lebih cepat kira*seperti ini masih wajar dan normal tidak dok?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus haid normal pada wanita yaitu 21 hari sampai dengan 35 hari. Secara rata-rata, wanita memiliki siklus haid 28 hari. Untuk mengetahui siklus haid, bisa dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada bulan (siklus) berikutnya. Sehingga, siklus haid ini dihitung jumlah harinya. Oleh karena setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda (ada yang 28 hari, 30 hari, dan 31 hari) maka hal ini yang menyebabkan siklus haid datang dengan tanggal yang berbeda setiap bulannya.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terlambatnya siklus haid yaitu:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Obesitas
  • Adanya perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • PCOS
  • Masalah hormon kewanitaan
  • Masalah organ reproduksi wanita
  • Efek samping penggunaan KB (Terutama KB hormonal, seperti pil KB, suntik KB, Kb implan dan lain lain)

Untuk itu, beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar siklus haid tidak terlambat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi, hindari stres dan kelelahan, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, beristirahat dengan cukup, lakukan olahraga agar badan tetap sehat dan bugar.

Bila terdapat keluhan terkait siklus haid, gangguan haid, atau masalah terkait pada organ reproduksi wanita, periksakan diri Anda ke dokter sepsialis kandungan terdekat agar mendapatkan terapi dan tatalaksana yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telat haid 2 hari belum tentu termasuk tanda hamil

Apakah Telat Haid 2 Hari Termasuk Tanda Hamil? Ini Penjelasannya

Telat haid 2 hari bisa jadi tanda kehamilan, namun bisa juga mengindikasikan adanya masalah kesehatan lain dalam tubuh Anda. Berikut penjelasan seputar permasalahan ini.