19 Oct 2021, 11:31Kandungan

mengeluarkan sperma diarea kemaluan wanita apa aman selama kehamilan

ZL
Info Penanya: ZL0
Ass.. dok saya sedang hamil 6 minggu suami saya sudah melakukan 2x berhubungan intim itupun yg masuk hanya kepala penis nya saja tidak semuanya dan mengeluarkan sperma di luar area sekitar kemaluan saya, apakah itu berbahaya dan akan menggangu kandungan saya dok? Lalu sperma yg dikeluarkan di area kemaluan apakah akan masuk kedalam vagina? Saya khawatir tapi tidak ada pendarahan sama sekali atau pun kram. Mohon bantu jawab ya dok terimakasih.
135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat malam, ZKehamilan adalah hal yang dinantikan bagi pasangan yang telah menikah. Selama kehamilan banyak mitos yang beredar tentang berhubungan intim selama kehamilan, dan hal ini membuat banyak kekhawatiran pada anda dan suami anda. Tidak ada larangan berhubungan intim selama masa kehamilan awal, bila kehamilan dalam keadaan sehat janin dan ibunya. Tidak ada larangan untuk melakukan penetrasi, namun sebaiknya dilakukan dengan lembut dan menggunakan kondom selama melakukan hubungan intim dengan suami anda, karena cairan ejakulasi mengandung prostalgladin, hal ini yang dapat memicu mules atau kontrasi pada beberapa individu. Ada beberapa keadaan yang dilarang melakukan hubungan intim selama kehamilan awal, seperti; 
  • Kehamilan kembar,
  • Plasenta letak rendah,
  • Riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya,
  • Riwayat kelahiran prematur sebelumnya,
  • Memiliki kandungan yang lemah.
Pada keadaan anda, melakukan hubungan intim dengan mengeluarkan sperma diluar didekat vagina, adalah aman saja, sel serma yang masuk kedalam vagina berkemungkinan sangat kecil, dan yang ditakutkan adalah kandungan prostalgladin pada cairan ejakulasi yang mungkin dapat menyebabkan mules atau kontraksi. Bila setelah berhubungan intim tidak terjadi mules, rasa tidak nyaman pada perut, dan flek, maka aman dan normal.Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan kesehatan kandungan anda, dan bagaimana baiknya berhubungan intim saat kehamilan. Sementara itu dirumah, sebaiknya :
  • Cukup tidur dan beristirahat,
  • Hindari kegiatan berat dan melelahkan,
  • Makan dengan prosi kecil, namun sering,
  • Rutin melakukan pemeriksaan dengan dokter kandungan,
  • Perbanyak minum,
  • Konsumsi vitamin dan susu ibu hamil.
Semoga membantu.Salam sehat,dr. LizsaBaca juga :Apakah boleh berhubungan intim saat hamil muda?Amankah berhubungan intim sat hamil muda?
menjaga kehamilankesehatan kandungantrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil