Mengeluarkan darah setiap setelah berhubungan, apakah pengaruh KB?

ZG Info Penanya: ZG, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya wanita berumur ,24 th ingin bertanya mengapa setiap habis berhubungan sya mengeluarkan darah seperti menstruasi,,tp ga sering dok satu atau 3x mlh kdang jarang ...Ap ini pengaruh KB dok ..Solusiny saya harus kedokter p gmn dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ZVG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saat anda berhubungan, terjadi gesekan dan friksi antara dinding vagina dan pintu rahim (serviks). Bila kondisinya anda kurang terlubrikasi apakah karena kurang foreplay atau ada kondisi klinis lain maka anda bisa mengalami lecet sampai dengan luka. Kemungkinan stimulasi akibat hubungan seks sendiri bisa merangsang pengeluaran darah sisa menstruasi dari dalam rahim. Yang perlu diperhatikan adalah warna darahnya, apakah merah segar pertanda luka baru di dinding atau merah gelap yang menandakan darah sisa dari rahim. Efek dari kontrasepsi (apakah yang anda maksud IUD?), untuk IUD keluhan yang paling sering diutarakan pasien adalah nyeri saat berhubungan dan perdarahan yang lebih banyak saat menstruasi.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan langganan anda untuk evaluasi langsung kondisi di dalam vagina anda dan pemeriksaan USG untuk melihat organ dalam anda. Mengingat usia anda masih reproduktif dan aktif secara seksual sebaiknya dilakukan pemeriksaan pap smear secara rutin. Anda bisa menggunakan cairan lubrikasi / pelumas sintetis yang dijual bebas untuk mencegah lecet pada vagina anda. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

bercinta di dalam sunyi dapat meningkatkan keintiman

5 Posisi Bercinta Tanpa Suara untuk Anda dan Pasangan

Ingin bercinta dengan pasangan, tapi banyak orang lain di rumah? Ada berbagai posisi bercinta tanpa suara, yang layak Anda coba.Bercinta tanpa menimbulkan kegaduhan, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda dan pasangan. Terlebih, jika ada orang lain yang tinggal bersama Anda dan pasangan. Sebut saja orangtua, mertua, atau asisten rumah tangga. Belum lagi, jika Si Kecil sedang terlelap di kamar sebelah. Oleh karena itu, mencari posisi bercinta tanpa suara, perlu Anda lakukan.Jangan sa