30 May 2021, 17:28Perut

Melemahnya otot anus bagaimana mengatasinya?

ST
Info Penanya: ST, Wanita, 28 Tahun
Dokter Selamat Siang mau tanya melemahnya otot anus, Dokter tolong ksh saran dan apakah ada nama obat utk memperkuat otot anus?? Dokter tolong di bantu, Terima kasih byk Dokter Dokter Selamat Siang mau tanya sering sering jari masuk ke dalam anus bisa mengakibatkan apa?? obatnya apa Dokter?? Tolong di bantu Dokter byk Terima Kasih Dokter
90 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi STAnus adalah salah satu bagian pencernaan terakhir yang menjadi pintu keluarnya feses. Pada anus terdapat berbagai otot polos dan saraf yang bisa berkontraksi dan relaksasi guna bisa menahan BAB sampai ke toilet dan kemudian mengedan pada waktu yang tepat.

Penyebab Kelemahan Otot Anus

Adanya kelemahan pada otot-otot anus ini bisa menyebabkan gangguan pada proses defekasi (pengeluaran feses) dimana seseorang bisa kesulitan menahan BAB yang disebut dengan inkontinensia alvi atau inkontinensia tinja. Pada kondisi ini orang yang mengalaminya bisa BAB mendadak tanpa disadari dan seringnya dialami oleh usia lanjut atau wanita yang sudah pernah melahirkan secara normal.Penyebab inkontinensia tinja ini sangat beragam penyebabnya, bisa karena kebiasaan sering mengedan kuat, diare, sembelit, kerusakan otot karena prosedur medis, kerusakan saraf atau kondisi tertentu. Sedangkan kebiasaan anda memasukkan jari ke anus atau melakukan hubungan seks anal juga bisa berpengaruh pada fungsi otot-otot anus ini. Selain itu bisa menyebabkan lecet atau laserasi anus.

Mengatasi Otot Anus Lemah

Untuk memastikan apa penyebabnya haruslah diperiksakan ke dokter bedah bidang digestif agar dapat ditangani baik dengan obat maupun prosedur tindakan yang akan disesuaikan dengan penyebab dan kondisi anda. Sebagai pencegahan dan cara mengatasinya anda bisa mencoba dengan melakukan berbagai cara yang bisa dilakukan di rumah. Cara tersebut adalah:
  • mengkonsumsi makanan tinggi serat dan air putih 2-3 liter perhari
  • lakukan senam kegel setiap hari untuk memperkuat otot dasar panggul
  • menjadwalkan BAB secara berkala
  • menggunakan obat pelunak feses yang dimasukkan lewat anus bila terjadi sembelit sekaligus untuk menstimulasi anus
  • melatih kontraksi anus dengan masukkan jari yang diberi pelumas ke anus
  • mengatasi penyebab diare
  • olahraga rutin tiap seminggu 3-4 kali
  • hindari mengedan lama di toilet
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
sembelitdiaremasalah pencernaansaluran pencernaaninkontinensia tinjafeses
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil