Mengatasi TB Kelenjar yang kambuh

D Info Penanya: D, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya, saya dulu punya penyakit kelenjar dan sempat diobati selama enam bulan tidak sampai selesai. Sekarang benjolannya muncul lagi pada kelenjar, saya juga sering sesak napas di dada. Apakah penyakit kelenjar saya itu kambuh lagi ya, Dok? Solusinya gimana, Dok? Saya sudah beli obat ekstrak kulit manggis, apa itu bagus untuk penyakit saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu D,

Jika gejala-gejala di atas telah Ibu alami, sebaiknya Ibu segera mengunjungi rumah sakit atau puskesmas terdekat yang memiliki fasilitas untuk pemeriksaan TBC dan memiliki Obat Anti Tuberkulosis (OAT) yang disediakan secara gratis oleh pemerintah.

Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kelenjar Ibu kembali kambuh kemungkinan karena sebelumnya Ibu tidak menyelesaikan pengobatan dengan tuntas, sedangkan TB Kelenjar dan penyakit TBC lainnya harus diobati dengan tuntas.

Pengobatan yang tidak tuntas dapat menimbulkan efek yang merugikan untuk tubuh seperti kuman menjadi lebih kuat sehingga Obat Anti Tuberkulosa (OAT) tidak mempan lagi terhadap pengobatan sehingga dibutuhkan obat yang lebih tinggi dan lebih mahal. Selain itu penyakit dapat menyebar dan menimbulkan komplikasi di organ tubuh lainnya.

Pengobatan yang dianjurkan untuk penderita TBC saat ini masih berupa OAT. Suplemen yang terbuat dari ekstrak kulit manggis saat ini dalam dunia medis belum diakui karena khasiat dan efek farmakologisnya belum diteliti secara empiris dan farmakologis. Sebaiknya bertindaklah bijaksana bila menyangkut kesehatan tubuh, daripada membelanjakan uang untuk sesuatu hal yang tidak pasti sebaiknya segera mengunjungi Doker Spesialis Paru (SpP) atau Puskesmas terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Taati aturan minum obat dan jangan anggap remeh penyakit TBC karena komplikasinya bahkan sampai dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu, semoga lekas sembuh.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker. Gejala limfadenopati bisa berbeda-beda, tergantung dari letak pembengkakan berada.