Mengatasi tahi lalat membesar

N Info Penanya: N, Wanita, 33 Tahun
Salam Dokter,Saya memiliki saudara yang dilehernya ada tahi lalat berwarna hitam kecoklatan dan seiring waktu tahi lalat tumbuh memanjang kurang lebih 5 cm, tapi tidak terasa sakit, apa itu berbahaya dokter? Dan apa ada obat yang dijual di apotik? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu N,

Tahi lalat atau nevus pigmentosus adalah suatu bentuk tumor jinak pada kulit. Ada sekitar enam jenis tahi lalat. Bila terjadi peruhan dalam bentuk yang semakin membesar, berubah warna, berdarah, meradang dan menunjukan tanda-tanda infeksi maka kecenderungan akan berubah menjadi tumor kulit yang ganas makin besar.

Pada umumnya bila tahi lalat belum menunjukan perubahan yang berarti, maka tidak diperlukan pengobatan. Namun bila menimbulkan gangguan secara estetika atau sering terjadi iritasi karena gesekan pakaian, dapat dilakukan tindakan pemotongan dengan pembedahan. Bila ada kecurigaan ke arah keganasan dapat dilakukan eksisi dengan pemeriksaan histopatologi.  

Prognosis atau masa depan dari perjalanan penyakit nevus ini pada umumnya baik. Tetapi pada nevus  yang dicurigai ada keganasan supaya segera dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis Bedah (SpB). Tidak disarankan untuk melakukan pengobatan secara sendiri dengan obat bebas atau alternatif lainnya karena dapat membahayakan.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala kanker otak adalah sakit kepala yang sering dianggap sepele

Sering Dianggap Sepele, Ini Mungkin Gejala Kanker Otak

Kanker otak adalah salah satu jenis tumor otak yang mengarah pada kondisi keganasan. Tidak semua orang yang mengalami kanker otak, merasakan gejalanya. Pada umumnya gejala kanker otak adalah sakit kepala, mual, muntah, pandangan kabur, kejang, gangguan keseimbangan, hingga mengalami koma.