Mengatasi rasa dendam

AK Info Penanya: AK, Wanita
Dok saya mau tanya, bagaimana caranya untuk menghilangkan dendam terhadap seseorang. Saya sekarang menjadi pribadi yang sering murung, menangis, dan tertekan. Bagaimana saya harus lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi AK,

Dendam merupakan suatu respon diri secara emosional ketika seseorang memperlakukan diri kita dengan tidak benar. Untuk mengatasi perasaan dendam ada beberapa tips yang bisa kamu coba :

  • Bicara apa yang kamu tidak sukai secara langsung dengan orangnya, karena akan lebih lega rasanya ketika isi hati dan pikiran bisa kamu ungkapkan secara langsung daripada di pendam.
  • Bicara dengan teman dekat dan keluarga ketika kamu mempunyai suatu masalah agar kamu tidak terbebani pikiran ketika kamu tidak bisa menyelesaikan suatu masalah
  • Jika memang kamu tidak bisa terbuka, coba kamu bicara dengan orang yang belum kamu kenal, contohnya dokter atau psikolog, ingat, kamu pergi ke psikiater atau psikolog bukan berarti kamu gila, ini merupakan stigma yang salah besar yang sudah melekat di masyarakat pada umumnya.

Namun, agar mendapatkan suasana hati yang tenang memang tidak semudah ini, perlu ada tekat dan kemauan yang kuat. 

Salam sehat, 

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi adalah gangguan mental yang menjadi penyebab kecacatan tertinggi kedua setelah HIV/AIDS

Penyebab Depresi dan Perbedaannya Berdasarkan Jenis Kelamin

Penyebab depresi cukup berbeda di antara wanita dan pria. Dalam penyebab depresi pada wanita, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, ekspektasi sosial, dan lain-lain. Sementara dalam penyebab depresi pada pria dipengaruhi oleh penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual sewaktu kecil, dan lain-lain.