Mengatasi rasa dendam

AK Info Penanya: AK
Dok saya mau tanya, bagaimana caranya untuk menghilangkan dendam terhadap seseorang. Saya sekarang menjadi pribadi yang sering murung, menangis, dan tertekan. Bagaimana saya harus lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi AK,

Dendam merupakan suatu respon diri secara emosional ketika seseorang memperlakukan diri kita dengan tidak benar. Untuk mengatasi perasaan dendam ada beberapa tips yang bisa kamu coba :

  • Bicara apa yang kamu tidak sukai secara langsung dengan orangnya, karena akan lebih lega rasanya ketika isi hati dan pikiran bisa kamu ungkapkan secara langsung daripada di pendam.
  • Bicara dengan teman dekat dan keluarga ketika kamu mempunyai suatu masalah agar kamu tidak terbebani pikiran ketika kamu tidak bisa menyelesaikan suatu masalah
  • Jika memang kamu tidak bisa terbuka, coba kamu bicara dengan orang yang belum kamu kenal, contohnya dokter atau psikolog, ingat, kamu pergi ke psikiater atau psikolog bukan berarti kamu gila, ini merupakan stigma yang salah besar yang sudah melekat di masyarakat pada umumnya.

Namun, agar mendapatkan suasana hati yang tenang memang tidak semudah ini, perlu ada tekat dan kemauan yang kuat. 

Salam sehat, 

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab depresi adalah ketidakseimbangan zat kimia di otak

Beberapa Penyebab Depresi yang Diyakini Para Ahli

Depresi adalah gangguan mental serius yang penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli meyakini bahwa faktor keturunan dan ketidakseimbangan zat kimia di otak memicu terjadinya depresi.