Mengatasi rambut rontok

I Info Penanya: I, Wanita, 38 Tahun
Dok, rambut saya sering rontok sendiri kalau saya tata pakai tangan, itu apa ya, Dok penyakitnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu I,

Rambut yang rontok dalam sehari antara 80 sampai 100 helai, adalah masih dalam kondisi normal. Jadi tidak perlu di khawatirkan, karena rambut baru akan tumbuh kembali mengisi kekosongan yang timbul.

Jika kerontokan rambut dalam sehari melebihi 100 helai, kemudian tidak ada rambut yang tumbuh sebagai pengganti maka ini merupakan hal yang tidak normal, atau tanda adanya masalah pada kesehatan rambut.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk mencegah kerontokan pada rambut :

  1. Keramas atau cuci rambut dengan shampo secara teratur yaitu 2 sampai 3 hari sekali. Namun bila rambut sangat berminyak dan memiliki aktifitas yang tinggi seperti olahraga, maka keramaslah setiap hari dengan shampo yang sesuai dengan jenis rambut.
  2. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut serta Jangan biarkan rambut terikat terus. Sebaiknya tidak tidur dengan rambut dikuncir dan diikat.

Berikut ini tips yang bisa digunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut:

  1. Keramas secara teratur
  2. Rajin menyisir rambut (3 x dalam sehari) dan gunakan sisir plastik yang bergigi jarang.
  3. Hindari mengikat rambut dengan ikatan yang kencang, apalagi dengan menggunakan karet gelang.
  4. Gunakan ikat rambut yang berlapis kain untuk mengikat rambut serta Jangan biarkan rambut terikat terus.
  5. Hindari memakai kerudung /jilbab saat rambut dalam keadaan basah. Karena akan mempertinggi kadar kelembaban rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
  6. Sampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab.

Sebaiknya memakai sampo yang banyak mengandung sari lidah buaya. Tanaman itu berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Dan bisa pula memakai sampo kelapa hijau dan yang berasal dari sari akar wortel.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi rambut kering

Sudah Tahu Manfaat Garam untuk Rambut Berkilau dan Lebat?

Kekurangan yodium dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan rambut. Manfaat garam untuk rambut ternyata bisa mengatasi masalah-seperti rambut rontok, kurang berkilau, dan kurang lebat.