Mengatasi pusing karena komputer

BT Info Penanya: BT, Pria, 45 Tahun
Selamat siang Dokter,Terlalu lama bekerja di depan komputer, kepala saya pusing, bagaimana cara mengatasinya? Apakah perlu menggunakan kacamata khusus? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam Sehat Bapak B,

 

Penyebab kepala pusing dan mata kabur dapat saja dikarenakan oleh gangguan refraksi pada mata berupa mata minus (Myopia) atau mata plus (Presbiopia), dll. Dapat juga karena mata lelah akibat terlalu lama bekerja didepan layar komputer. Untuk pastinya Bapak dapat memerikssakan mata ke Dokter Spesialis Mata (SpM) dan akan diresepkan kacamata bila dibutuhkan.

Untuk kondisi mata lelah, maka sebaiknya setiap 2 jam bekerja didepan layar komputer, Bapak disarankan untuk meng-istirahatkan mata, dengan cara berdiri sebentar dan bejalan ke arah kamar kecil, kearah tempat minum atau melihat pemandangan di luar ruangan selama 10 menit.

Kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mata adalah :

  • Membaca dengan jarak 40 sampai 45 cm dan dengan pencahayaan yang baik.
  • Meng-istirahatkan mata bila bekerja didepan komputer, membaca terlalu  

          lama, bermain game, menonton TV dll. Seperti istirahat 10 menit setelah terus

         menerus menatap layar komputer selama 2 jam.

  • Makan makanan yang mengandung banyak Vitamin A seperti Wortel.

Untuk keluhan mata kabur dan mata cepat lelah maka sebaiknya Bapak segera mengunjungi Dokter Spesialis Mata (SpM) di Rumah Sakit terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.