10 Aug 2020, 17:34Pernapasan

Apa menghirup obat nyamuk bisa keracunan?

N
Info Penanya: N, Pria, 25 Tahun
Selamat sore dok. Saya ingin bertanya, jadi ada saudara saya (cowok, 24 tahun) menghirup asap obat nyamuk bakar kertas dan beliau cukup banyak menghirup nya. Awalnya di hari pertama ga merasakan apa2, tapi pas hari ke2. Saudara saya ini merasa gelisah/panik, pusing dan hidung mampet. Lalu, di hari ke3 beliau mulai sulit sekali untuk menguap, jadi perlu di paksa. Dan ini sudah hari ke4. Apa saudara saya ada indikasi keracunan dok? Dan bagaimana mengatasinya dok? Terima Kasih.
8460 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi YH,Obat nyamuk adalah salah satu bahan kimia yang digunakan untuk membunuh nyamuk yang tersedia dalam bentuk kertas bakar, semprotan gas, hingga yang berbentuk cairan. Bila bahan-bahan kimia ini dihirup oleh seseorang secara berlebihan, maka tentunya akan menimbulkan keracunan atau keluhan berupa sesak napas, pilek, pusing, mual hingga muntah. Keluhan yang muncul akan bergantung pada banyak sedikitnya bahan kimia obat nyamuk yang dihirup.Menguap adalah refleks tubuh untuk memberi tanda bahwa tubuh kelelahan atau bosan, sehingga tidak perlu dipaksakan untuk menguap. Sama seperti bersin juga merupakan refleks tubuh untuk membuang zat-zat yang tidak berguna, tidak perlu dipaksakan untuk bersin setiap hari.

Saat ini yang perlu saudara Anda lakukan untuk mengatasi keluhan pusing, pilek dan panik adalah:

  • Usahakan jangan panik, semakin panik maka berbagai keluhan akan semakin muncul. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan-lahan.
  • Minum paracetamol untuk meredakan pusingnya.
  • Banyak minum air putih.
  • Sediakan baskom isi air panas dan hirup uap panasnya untuk melegakan napasnya.
Sebaiknya ketika menggunakan obat pembunuh nyamuk, maka setelah menyemprotkan, kamar segera ditutup, dan tunggu sekitar 1 jam baru kamar tersebut boleh dimasuki. Hal ini untuk mencegah zat kimia terhirup secara berlebihan. Lakukan pemeriksaan ke dokter paru bila keluhan dirasakan semakin berat.Salam sehat,dr. Vina
keracunansesak napaspusing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil