Mengatasi Ngantuk Berlebihan

BA Info Penanya: BA, Pria, 30 Tahun
Selamat sore Dok,Saat ini saya mengalami gejala tiba-tiba mengantuk berlebihan tapi jika tidak di tidurkan efeknya akan sendawa berulang kali diikuti dengan leher terasa tegang dan berujung sakit kepala yang tidak hilang sampai berjam-jam, gejala itu akan selalu terjadi jika saya mengalami hal yang sama. Apa penyakit ini? Mohon pencerahannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Bapak BAP,

Keluhan yang Bapak sampaikan bisa jadi dikarenakan adanya gangguan pada pola tidur. Keluhan ini dapat diatasi dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Keluhan yang khas yang menyertai dan menandakan gangguan dalam pola tidur dan menyebabkan gangguan fungsi tubuh antara lain :

  • Bangun tidur di pagi hari dalam keadaan tubuh tidak segar
  • Sangat mudah mengantuk
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Daya ingat menurun
  • Tubuh sangat mudah merasa lelah dan lemas

Yang dimaksudkan dengan waktu tidur yang berkualitas untuk orang dewasa adalah tidur malam 8 sampai 9 jam, dan dimulai dengan tidur pada jam 22.00 malam sampai jam 5.00 pagi, dan harus tidur sampai pada tahap tidur dalam, bukan tidur hanya memejamkan mata. Untuk usia remaja, waktu tidur adalah 9 jam.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pola tidur adalah sebagai berikut :

  1. Dapatkan waktu tidur yang berkualitas setiap hari, sesuai usia
  2. Kondisikan kamar dan tempat tidur hanya untuk tidur, sebaiknya menonton tv dan membaca tidak dilakukan di kamar tidur
  3. Atur jam biologis tubuh dengan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, sehingga tubuh akan dengan sendirinya mengikuti irama ini. Pada awalnya dapat diatur dengan menggunakan weker untuk bangun tidur, lama-kelamaan tubuh akan menyesuaikan dengan waktu bangun yang sama setiap harinya.
  4. Makan maksimal 3 jam sebelum tidur dan olahraga maksimal 3 jam sebelum tidur sehingga metabolisme tubuh tidak menghambat waktu tidur.
  5. Bersiaplah untuk tidur bila sudah benar-benar mengantuk saja.

Bila semua ini sudah dilakukan dan keluhan ini masih berlanjut, sebaiknya Bapak segera mengunjungi Dokter yang ahli dalam menangani gangguan tidur yang banyak terdapat di Rumah Sakit dengan Klinik Gangguan Tidur.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi adalah gangguan tidur yang menimbulkan rasa kantuk yang tidak tertahankan dan membuat orang tidur seketika meskipun saat sedang bekerja

Fenomena Orang Tidur Seketika Disebabkan oleh Penyakit Narkolepsi

Penyakit narkolepsi dapat menyebabkan orang tidur di pagi dan siang hari akibat rasa kantuk yang berlebih dan tidak tertahankan. Narkolepsi menyebabkan penderitanya sering mengantuk dan kebanyakan tidur.