Mengatasi Mata yang Mudah Lelah Agar Tetap Nyaman Saat Membaca

DM Info Penanya: DM, Wanita, 53 Tahun
Selamat siang Dokter,Bagaimana cara mengatasi mata lelah agar mata tetap nyaman?Sejak tahun 2017 saya sering menggunakan kacamata plus untuk membaca dekat. Karena nyaman, saya menjadi terbiasa dan kalau tidak menggunakan menjadi merasa tidak nyaman untuk baca, namun kalau membaca terlalu lama, ada rasa penat di mata. Sebagai informasi saya juga mengenakan kacamata progressif dengan lensa kecil dan tanpa frame, tetapi hanya di pakai jika akan membaca dari jauh karena kurang nyaman digunakan jika saat menunduk atau turun tangga (karena progresifnya). Mohon sarannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam Sehat Ibu DMMS,

Kacamata plus atau kacamata yang digunakan untuk mengoreksi kelainan refrasi mata akibat rabun dekat (Presbiopia). Presbiopia adalah kondisi yang muncul akibat proses penuaan menyebabkan berkurangnya elastisitas lensa mata dan mengakibatkan tidak cukupnya daya akomodasi mata untuk penglihatan jarak dekat.

 

Gejala yang dialami oleh Penderita rabun dekat adalah :

    • Penurunan tajam penglihatan pada penglihatan dekat seperti membaca  terutama apabila cahaya yang kurang dan membaca dalam waktu lama
    • Nyeri kepala dan mata lelah (mata penat) bila mengerjakan tindakan yang memerlukan penglihatan jarak dekat
    • Harus sering mengedipkan mata untuk fokus saat melihat dekat

Sebagai patokan ukuran lensa kacamata plus untuk koreksi rabun dekat sesuai usia adalah :

  • Usia 40 tahun, ukuran lensa : +1 D
  • Usia 45 tahun, ukuran lensa : +1,5 D
  • Usia 50 tahun, ukuran lensa : +2 D
  • Usia 55 tahun, ukuran lensa : +2,5 D
  • Usia 60 tahun atau lebih, ukuran lensa : +3 D

 

Apakah ukuran lensa untuk membaca sudah sesuai dengan usia Ibu saat ini ? Karena ukuran lensa kacamata yang tidak sesuai sering menyebabkan mata cepat lelah dan kepala pusing.

Bila Ibu saat ini juga menggunakan kacamata dengan lensa progresif, (Lensa Multifokal) sesuai kegunaannya yaitu untuk melihat pada jarak dekat, jarak menengah dan jarak jauh. Karena fungsinya ini maka seharusnya bila mata mengalami gangguan rabuan jauh dan rabun dekat maka cukup menggunakan satu jenis kacamata  lensa progresif saja, tidak perlu menggunakan dua jenis kacamata yang berbeda.

Ibu tidak perlu cemas karena saat ini di Optik terkemuka banyak model bingkai dan lensa kacamata yang dibuat khusus untuk kenyamanan dan keamanan pasien sesuai kebutuhan.

 

Tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kenyamanan mata yaitu :

  • Pastikan ukuran lensa kacamata sudah tepat dengan cara periksa mata ke Dokter Mata (SpM) minimal setahun sekali
  • Pakai kacamata sesuai ukuran lensa yang diresepkan oleh Dokter Mata
  • Membaca dengan jarak 45 cm dan dengan pencahayaan yang baik
  • Mengistirahatkan mata bila bekerja didepan komputer, membaca atau menonton  Tv setiap 10 menit setelah mata bekerja selama 2 jam
  • Pastikan tidur malam cukup yaitu 7 sampai 8 jam
  • Dapatkan kecukupan cairan dengan minum air minimal 2 liter / hari
  • Kurangi cahaya pada layar komputer dan HP
  • Lindungi mata dari cahaya matahari dengan kacamata khusus bila berada di luar ruangan
  • Pijat ringan saat mata lelah, caranya : tutup mata dan tempatkan kedua telapak tangan dengan tekanan ringan pada mata, sambil menarik napas panjang, lakukan sampai 5 hitungan. Tindakan ini dapat membuat mata rileks dan mengembalikan konsentrasi.

Bila Ibu merasa tidak nyaman melihat dengan kacamata saat naik turun tangga, saran kami sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan Dokter Mata (SpM), apakah mungkin ada ganguan lain pada mata.

Sesuai indikasi dan umur, maka Dokter selain melakukan pemeriksaan refraksi mata, akan dilakukan juga pengukuran tekanan bola mata dan pemeriksaan kekeruhan lensa mata.

Semoga informasi ini dapat membantu Ibu.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mencukupi asupan makan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata

Ingin Mata Cantik nan Sehat? Ikuti Cara Menjaga Kesehatan Mata Ini

Menjaga kesehatan mata dapat diawali dengan memerhatikan petunjuk pemakaian kosmetik dan menggunakan lensa kontak dengan cara yang aman. Mencukupi asupan makanan juga dapat dijadikan cara menjaga kesehatan mata.