Mengatasi mata merah akibat ponsel?

AG Info Penanya: AG, Pria, 2019 Tahun
tanya nih dok, belakangan ini mata saya merah terus akibat main ponsel berlebih, Saya malu jika berada dikelas untuk bertatap mata dengan teman ataupun guru.Di atas bola mata saya juga ada Lapisan putih gitu dok,Saya juga terkadang menggunakan obat tetes mata, tapi gak lama memerah lagi ... Terkadang mata saya juga nyeri nyeri gitu.Saya juga sering minum jus wortel tapi itu gak membantu.. Tolong Kasih solusi yg terbaik dok buat saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AZ

Terimakasih atas pertanyaannya.

Banyak dari kita yang menghabiskan waktu melihat layar ponsel, laptop atau televisi. Yang perlu saya tanya, mengapa anda main ponsel terlalu lama? Apakah bermain game sudah menjadi profesi anda? Ponsel memancarkan cahaya biru dan bisa berdampak negatif pada mata. Karena tidak bisa disaring oleh kornea dan lensa mata sehingga langsung ke bagian belakang mata. Dikhawatirkan bila sifatnya radiasi dapat mengakibatkan kerusakan pada retina anda. Gejala yang timbul penglihatan menjadi kabur, sulif fokus ke satu titik, mata lelah, mata merah, mata kering dan sakit kepala.

Blue light juga mengganggu melatonin, hormon yang membantu tubuh mempertahankan ritme normal dan sehat. Sehingga akan membuat anda sulit tidur dan akan berefek kepada kesehatan anda nantinya.

Cara mengatasinya sangat mudah. Tinggal istirahatkan mata anda setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat sesuatu jarak 20 meter. Tips yang sering saya katakan kepada pasien saya yang bekerja di depan komputer sebagai profesinya. Sehingga saya bisa memaklumi orang yang beresiko merusak matanya demi mencari nafkah. Ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengurangi radiasi cahaya pada ponsel, bisa juga menggunakan kacamata khusus atau filter layar monitor khusus.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab mata berair, seperti mata kering hingga peradangan pada kelopak mata

Ragam Penyebab Mata Berair yang Patut Diwaspadai

Anda mungkin kerap mengalami mata berair. Beberapa kondisi mata berair memang tidak perlu dicemaskan. Hanya saja, apabila diiringi dengan gejala lain, mata berair wajib diwaspadai dan memerlukan penanganan dokter. Ada beberapa kondisi mata, yang menjadi penyebab mata berair, seperti mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata.