mengatasi kulit kering bersisik cara pilih make up dan cuci muka/pelembab

SN Info Penanya: SN, Wanita, 21 Tahun
Selamat siang dok saya mau tanya,bagaimana cara mengatasi kulit pda wajah sering kering kya bersisik gitu,dan bagaimana cara memilih make up atau cuci muka/pelembab yang benar agar tidak terjadi seperti ini terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SN

Wajah kering dan bersisik dapat terjadi akibat beberapa hal seperti paparan sinar matari, proses penuaan, kurang minum air atau dehidrasi, memiliki penyakit kulit dermatitis atopik infeksi jamur, kurang multivitamin seperti vit c dan e.

Untuk kulit kering saya sarankan hindari pemakaian make up yang terlalu tebal karena dapat menyebabkan sumbatan pori sehingga air dan minyak pelembab kulit tidak teregulasi baik, jika harus memakai bedak gunakan dalam jumlah yang tidak terlau banyak. 

Selain itu anda dapat menggunakan pelembab wajah yang mengandung vitamin e, vit c, antioksidan asam hyaluronat. Usahakan memilih pelembab yang berbahan air. 

Untuk kebersihan wajah juga selalu cuci muka saat berkeringat, gunakan sabun yang berbahan krim dan tidak mengandung banyak zat kimia. 

Untuk menghambat proses penuaan kulit anda juga disarankan banyak minum air putih, perbanyak tertawa, konsumsi antioksidan multivitamin yang mengandung vitamin e, lakukan olahrada rutin agar elastisitas kulit juga membaik, jangan sering bergadang, hindari rokok, hindari alkohol dan hindari stress. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun sehingga mengalami pengeriputan kulit.

Apa itu Kolagen dan Mengapa Penting untuk Kesehatan?

Kolagen untuk tubuh adalah protein dalam tubuh yang berperan sebagai zat pembangun utama tulang, tulang rawan, jaringan ikat, dan gigi, kulit, tendon, dan ligamen.