Mengatasi kista ovarium

FD Info Penanya: FD, Wanita, 19 Tahun
Dok, bagaimana mengatasi kista ovarium? apakah kista tersebut berbahaya? jika memiliki kista ovarium bisakah terjadi pembuahan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamar sore, FD. 

Kista ovarium dapat terjadi pada wanita dan sebagian besar biasanya tidak berbahaya atau menimbulkan gejala. Kista akan hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, jika kista pecah atau terpuntir maka dapat menyebabkan hal yang serius.

Kesuburan bisa atau tidak bergantung pada jenis kista yang dialami. Kista ovarium yang berpengaruh pada kesuburan adalah endometrioma dan PCOS (polycystic ovary syndrome). Sedangkan kista yang tidak berpengaruh pada kesuburan adalah kista fungsional, kista adenoma, dan kista dermoid.

Berikut beberapa penanganan yang dilakukan:

1. Observasi

Ini biasanya adalah pilihan yang akan dilakukan dokter ketika menemukan kista. Kista akan diamati selama beberapa bulan dengan melakukan USG dan mengukur besar kista. Jika kista tidak hilang dan bertambah besar, maka akan dilakukan tindakan yang lebih invasif.

2. Pengobatan

Pemberikan obat hormonal akan diberikan oleh dokter.

3. Pembedahan

Dokter akan mengangkat kista jika kista berukuran besar, bukan kista yang berfungsi, bertumbuh semakin besar, bertahan selama 2-3 siklus menstruasi atau menyebabkan nyeri.

Anda perlu segera mengunjungi dokter jika mendapatkan gejala-gejala berikut:

- Nyeri yang tiba-tiba dan parah di panggul

- Nyeri dengan demam atau muntah

Semoga keterangan di atas bisa membantu. 

Salam sehat.

 

dr. Anandika Pawitri

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penanganan kista ovarium tanpa operasi, dilakukan untuk meredakan gejalanya

5 Cara Mengobati Kista Ovarium Tanpa Operasi

Gejala kista ovarium adalah nyeri yang hebat. Ternyata ada cara mengatasi penyakit ini yaitu mengonsumsi obat, olahraga, mengubah pola makan, terapi panas, pijat dan relaksasi.