Mengatasi jerawat yang suka dipecahin dan membekas

KS Info Penanya: KS, Wanita, 25 Tahun
Cara mengatasi muka berjerawat dan jerawatnya suka dipecahin jadi membekas.. cara ngilanginnya jerawat dan bekas nya gmna ya dok.. banyak bgt dimuka.. jadi ga pede.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Jerawat jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan bekas dan mengganggu penampilan. Hal ini tentunya bisa merusak kepercayaan diri. Untuk itu apabila mengalami kulit berjerawat perlu dilakukan penanganan dan perawatan kulit yang tepat. Jerawat sendiri bisa timbul karena beragam pencetus mulai dari faktor kebersihan kulit, makanan tertentu, gangguan hormonal, infeksi bakteri dan lainnya.

Untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat sendiri adalah dengan rutin mencuci muka menggunakan sabun wajah yang ringan, bersihkan make up setelah digunakan, hindari makanan pencetus seperti makanan berlemak, makanan cepat saji, hindari memencet atau memecahkan jerawat karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi yang menimbulkan bekas, gunakan obat antijerawat yang dijual bebas seperti mengandung asam salisilat atau azelaic acid, dan gunakan krim untuk mencerahkan wajah ataupun menyamarkan bekas jerawat. 

Jika kesulitan perlu dilakukan pemeriksaan dokter agar dilakukan penanganan baik pemberian obat oles atau minum ataupun tindakan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat seperti chemical peeling atau dermabrasi untuk menghilangkan bekas jerawata. Semoga bermanfaaat.

Ssalam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter dan para peneliti tidak menganjurkan baking soda untuk jerawat. Anda bisa coba cara alami lainnya, seperti cuka sari apel atau tea tree oil.

Mengulik Kegunaan Baking Soda untuk Jerawat, Apakah Aman dan Efektif?

Baking soda dipercaya bisa menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Walau demikian, masih sangat sedikit penelitian, tentang manfaat baking soda untuk jerawat. Apakah aman dan efektif?