mengatasi jerawat yang membandel

LU Info Penanya: LU, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dok,,Sy Lilis mau bertanya bagaimana cara mengatasi jerawat yg membandel?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L

Jerawat terjadi akibat peradangan dan sumbatan pada kelenjar folikel pilosebasea dikulit. Ada banyak faktor pencetus jerawat yang membandel diantaranya kelainan hormonal, infeksi bakteri, kegemukan, efek samping obat tertentu.

Untuk tatalaksana jerawat saya sarankan agar anda menjaga kebersihan kulit, hindari aktfitas yang terpapar cahaya matahari karena akan meningkatkan produksi keringat. Beberapa agen yang biasa diberikan seperti retinoid, asam azelaic, benzoil peroxcida dikombinasikan dengan antibiotik bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Pemberian antibiotik secara oral seperti eritromisin dan doxiciclin serta isotretinoin juga membatu mengatasi infeksi penyebab jerawat. Selain itu dapat dilakukan prosedur seperti micordermapeeling dan laser merupakan tindakan untuk menghilangkan jerawat. Anda juga harus mengurangi paparan kosmetik berbahan minyak serta jangan memanipulasi jerawat. 

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kulit, karena jerawat pada setiap kulit orang memiliki respon berbeda untuk pilihan terapi yang sesuai.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mendapatkan manfaat zinc dengan optimal, asupannya terkadang butuh tambahan suplemen

6 Manfaat Zinc, Ampuh untuk Jerawat Hingga Luka

Zinc adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Manfaat zinc bisa membantu dalam menangani jerawat hingga mempercepat penyembuhan luka. Luar biasa, bukan?