Pipi berjerawat, bagaimana mengatasinya?

NF Info Penanya: NF
Dok di pipi saya muncul jerawat dan itu bukan malah berkurang tapi terus bertambah itu pun bekasnya masih ada gimana sarannya dok?Saya udah coba pake salep cindala dari apotik udah mau habis 1 tp belum ada pengaruhnya itu gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NF.

Jerawat adalah masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, pada usia remaja hingga dewasa. Munculnya jerawat dapat memengaruhi rasa percaya diri pada seseorang yang mengalaminya. Selain itu, jerawat juga menyebabkan rasa tidak nyaman karena dapat membuat wajah terasa panas, kasar, hingga gatal.

Untuk menangatasi jerawat, terlebih dahulu harus dilakukan identifikasi penyebab. Beberapa hal yang kerapkali menjadi pemicu jerawat adalah:

  • Konsumsi produk susu dan makanan yang digoreng secara berlebihan
  • Penggunaan skin care dan make up yang memicu iritasi, atau tidak sesuai dengan jenis kulit
  • Perubahan hormon, misalnya saat akan haid
  • Kurangnya kebersihan sprei dan sarung bantal yang digunakan untuk tidur

Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengonsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayur, imbangi dengan air putih yang cukup. Hindari dulu produk susu dan makanan yang digoreng, ya. 

Dari luar, Anda disarankan memilih produk perawatan yang sesuai jenis kulit dan usia. Hindari menggunakan obat-obatan keras tanpa resep dokter, seperti salep cindala yang mengandung clindamicyn tersebut. Sementara, gunakan bahan alami seperti madu, cuka apel, air lemon, atau tea tree oil yang bisa ditotolkan ke jerawat dan bekasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kulit. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

manfaat lidah buaya (aloe vera) untuk mencegah penyakit, menjaga kesehatan tubuh, dan merawat kulit wajah

Segudang Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Sering dimanfaatkan untuk merawat kecantikan, manfaat lidah buaya (aloe vera) ternyata juga sangatlah beragam untuk kesehatan. Penasaran?