Jerawat membandel, apakah penyebabnya?

P Info Penanya: P
Halo dokter,saya itu punya masalah jerawat. Jerawat saya itu parahnya banget , soalnya jerawat nya itu banyak banget dan munculnya hanya di pipi baik kanan atau kiri. Dan sekitaran bagi. Jerawat nya itu merah banget dan ada bekas yg hitam juga. Jenis kulit saya itu pilu dek. Gimana dok cara meredakan nya dan membuat nya cepat hilang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, P

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Jerawat merupakan adanya peradangan pada folikel rambut yang tersumbat. Kondisi tersumbatnya dari folikel rambut ini menyebabkan timbulnya komedo. Munculnya jerawat biasanya terjadi ketika masa pubertas (remaja) namun, bisa juga dialami pleh usia dewasa baik pada pria maupun pada wanita. Lokasi tersering timbulnya jerawat selain pada wajah adalah pada punggung, bahu dan atau dada. Umumnya jerawat bisa seseali muncul dan membaik dengan sedirinya, namun ada juga yang muncul dalam jumlah yang banyak dan membutuhkan perawatan.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan jerawat yaitu:

  • Kurang menjaga kebersihan kulit sehingga terdapat aktivitas bakteri yang berlebihan
  • Adanya produksi minyak berlebihan pada kulit
  • Adanya masalah pada hormon
  • Adanya sumbatan sel-sel kulit mati pada foikel rambut

Selain itu beberapa faktor yang bisa mempengarui derajat keparahan dari jerawat diantaranya adalah pola makan yang kurang sehat, aktifitas fisik yang berlebihan dan stres, efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu, dan lain sebagainya.

Terkait dengan pengobatan jerawat bergantung dengan kondisi derajat keparahan jerawatnya. Bisa menggunakan obat oles, pemberian obat antibiotika, atau bahkan menggunakan prosedur medis tertentu. Untuk itu, disarankan bagi Anda agar ke dokter spesialis kulit terdekat supaya mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan area wajah, gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, hindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup dan berolahraga dengan rutin.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh P
01 Aug 2020, 19:26
Itu bukan bagi tapi dagu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Aug 2020, 18:56
Selamat malam, P.
Untuk jerawat di dagu penyebabnya juga bisa karena hal-hal yang telah dijelaskan dokter kami di atas ya, yaitu hormon, produk yang tidak cocok, atau kurangnya kebersihan kulit. Oleh karena itu coba lakukan saran-saran yang telah disampaikan dan apabila tidak membaik segera periksakan ke dokter spesialis kulit ya. Semoga bermanfaat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya jerawat, penyebab benjolan di belakang telinga juga bisa karena infeksi atau kista

Kenali Berbagai Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab benjolan di belakang telinga umumnya adalah jerawat. Namun adanya infeksi, kista, atau kanker juga dapat menyebabkan benjolan di area tersebut.