Mengatasi Jerawat meradang karena OAT

CN Info Penanya: CN, Wanita, 18 Tahun
Assalamualaikum wr. wb.Ketika saya berumur 17 tahun saya divonis mengidap penyakit TBC. Awalnya saat saya minum obat INH mulai dari muka sampai badan saya berwarna hitam kemerah-merahan. Setelah 2 bulan akhirnya saya diberi obat berbeda, Rifampisin kalau tidak salah. Hari pertama minum obat, wajah dan badan saya kembali ke warna aslinya, Dok yaitu kuning langsat. Tapi beberapa hari selanjutnya timbul bintik-bintik diwajah setelah satu minggu menjadi jerawat biasa, minggu selanjutnya jerawat membesar dan ada warna putih ditengah jerawat seperti nanah. Dan kurang lebih 4 bulan muka saya dipenuhi jerawat raksasa. Hingga akhirnya saya dinyatakan bersih dari infeksi TBC. Saya juga sudah konsul pada dokter yang menangani saya tapi beliau bilang ""Biarkan saja nanti juga sembuh sembuh sendiri"" tapi ini sudah bulan kedua saya tidak lagi mengkonsumsi obat tsb. Jerawat itu masih tetap tumbuh meskipun tidak sebesar dulu. Jerawat raksasa itu juga menimbulkan bekas diwajah saya yang sangat mengganggu. Mohon sarannya, terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu CN,

Gangguan kulit yang ibu alami akibat minum OAT (Obat Anti Tuberkulosa) memang merupakan efeksamping ringan dari OAT itu sendiri dan akan sembuh bila pengobatan telah selesai yaitu 6 bulan sampai 9 bulan. OAT memang mempunyai efek samping ringan san efek samping berat. Gangguan kulit merupakan salah satu efek samping ringan dari OAT. Ibu dapat mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK) dan jerawat akan diobati lebih lanjut. Jangan lupa menginformasikan kepada dokter kulit tentang penyakit yang sedang diobati dan obat yang Ibu minum saat ini. Jerawat sebaiknya tidak berusaha dipecahkan sendiri atau disentuh dengan tangan karena akan menimbulkan luka dan bekas yang sulit hilang.

Tidak perlu terlalu cemas, yang paling penting adalah kesembuhan dari sakit TBC paru saat ini, tetapkah taat minum obat untuk mendapat kesembuhan yang total.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.