Mengatasi Iritasi Kulit Wajah

CM Info Penanya: CM, Wanita, 52 Tahun
Selamat siang Dokter,Dokter saya memakai bawang putih di wajah untuk mengobati jerawat, tapi sekarang mengalami iritasi. Bagaimana penyembuhannya? Apa memakai minyak zaitun bisa membantu? Berapa lama proses penyembuhannya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu CM,

Bawang putih bukan obat untuk mengobati jerawat atau menghilangkan bekas luka, ini hanya mitos yang beredar di masyarakat dan belum terbukti secara medis.

Iritasi pada kulit wajah akibat terpapar benda asing atau zat asing, yang menimbulkan gejala gatal, merah, melepuh dan bengkak dikenal dengan nama Dermatitis Kontak Alergika.

Langkah awal atau pencegahan yang dapat dilakukan adalah :

  • Segera hentikan pemakaian bawang putih di wajah atau kulit lainnya
  • Pakai pelembab yang bersifat mendinginkan seperti aloe vera
  • Hindari pemakaian kosmetik sampai kulit sembuh

Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK) untuk dilihat dan diobati secepatnya. Dokter akan memberikan obat oles yang di ulit dengan dosis yang sesuai. Tergantung jenis dan parahnya sakit, umumnya seminggu kulit sudah sembuh sempurna. Sekalian mintakan obat untuk menghilangkan bekas hitam pada kulit dari Dokter.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi jerawat kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare yang ramah janin

Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya saat Kehamilan

Kehamilan dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan stretch marks, Untuk mengatasi jerawat kehamilan, Anda dapat menggunakan produk skincare yang ramah janin.