Mengatasi Ejakulasi Dini

A Info Penanya: A, Pria, 54 Tahun
Salam sehat dok, saya ingin bertanya mengenai ejakulasi. Saat saya berhubungan seksual dengan isteri saya, saya sering mengalami ejakulasi dini atau air mani yang terlalu cepat keluar. Apakah ada cara untuk mengatasinya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak A,

Kondisi sesuai keluhan Bapak, sangat mungkin yang dikenal dengan nama Ejakulasi dini.

Pengertian Ejakulasi dini atau (Premature Ejakulation) adalah ejakulasi yang terjadi sesaat atau sebelum melakukan penetrasi penis saat berhubungan seks.

Sedangkan pengertian Ejakulasi adalah keluarnya sperma dari penis, umumnya saat melakukan hubungan seks, yang pada pria sering disertai dengan orgasme.

Secara umum, penyebab ejakulasi dini dibagi atas 2 yaitu :

  1. Kondisi  Fisik atau kondisi tubuh, yaitu disebabkan karena adanya penyakit atau gangguan fungsi dalam tubuh seperti :
  • Gangguan kelenjar Thyroid dan  Kelenjar Prostat
  • Gangguan hormonal
  • Penderita penyakit Diabetes Melitus, Hipertensi dan penyakit keturunan
  • Penyalahgunaan obat, alkohol dan efek samping beberapa jenis obat
  • Lemahnya otot-otot dasar panggul
  • Berolah raga terlalu berat (over exercise)
  1. Keadaan Psikis (kondisi jiwa), yang paling sering terjadi adalah :
  • Stress
  • Kebiasaan melakukan hubungan seks terburu-buru dan dalam kondisi tidak tenang contohnya hubungan sex sebelum menikah atau  hubungan seks bukan dengan pasangannya.
  • Hubungan yang tidak sehat antara suami dan istri, adanya ketidakpercayaan, perasaan marah, perasaan takut akan posisi dominan dari istri dalam hubungan, dll.
  • Bosan dengan posisi saat berhubungan seks yang monoton dan tidak bervariasi
  • Gugup dan tidak percaya diri atau terlalu bersemangat saat berhubungan seks

Pengobatan dan pencegahan yang dilakukan untuk menyembuhkan keluhan ejakulasi dini, sebaiknya disesuaikan dengan hal yang menjadi penyebabnya. Contohnya bila ejakulasi dini disebabkan karena penyakit sistemik atau gangguan pada tubuh maka segera lakukan pemeriksaan ke Dokter dan lakukan pengobatan sampai tuntas atas penyakit tersebut.

Ejakulasi dini yang disebabkan karena lemahnya otot dasar panggul (otot Pubococcygeus), dapat diobati dengan latihan sederhana yang dikenal dengan nama Senam Kegel, caranya yaitu tarik dasar otot pubis seperti gerakan menahan kencing, kemudian tahan sampai hitungan 10 x, lakukan sampai 10 set dan dapat diulang dalam sehari sampai 5 x.

Olahraga rutin secukupnya, dan latihan pernapasan sangat baik untuk mencegah ejakulasi dini.

Bila penyebab ejakulasi dini adalah dari masalah – masalah psikis, maka lakukanlah perbaikan untuk hal ini seperti memperbaiki hubungan dengan pasangan, tingkatkan komunikasi yang baik dengan pasangan, hindari stress, lakukan relasksasi dan liburan bersama, dll. Cobalah melakukan variasi dalam berhubungan dan bangkitkan kehangatan dalam hubungan perkawinan.

Bila dirasakan perlu, maka Bapak dapat menghubungi Dokter Spesialis Seks (Seksolog) yang dekat dengan tempat tinggal Bapak.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemoterapi sebagai pengobatan kanker dapat berefek pada masa subur pria

Usia dan Kanker Prostat: Pengaruh Terhadap Masa Subur Pria

Masa subur pria memiliki hubungan dengan usia dan kanker prostat. Seiring bertambahnya usia, kesuburan pria semakin menurun. Sementara itu, infertilitas pada pria dapat memicu terjadinya kanker prostat.