Mengatasi depresi

L Info Penanya: L, Wanita, 21 Tahun
Dok bagaimana mengatasi depresi karna sering sekali saya merasa ingin bunuh diri ketika benar" terpuruk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L, 

Depresi merupakan salah satu permasalahan psikis dimana penderitanya dapat menjadi merasa sedih yang mendalam dan terus menerus,menjadi kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, merasa tidak berharga, merasa lelah, dan dapat menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri sendiri. Selain keluhan psikis, depresi juga dapat menimbulkan keluhan fisik seperti gangguan tidur, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, dan gangguan berpikir atau berkonsentrasi.

Untuk mengatasinya perlu dihadapi apa yang menjadi permasalahannya, upayakan untuk membicarakan apa yang Anda hadapi pada orang yang Anda percaya atau pada orang terdekat, hadapi pikiran negatif dan berpikiran positif dengan meyakini diri Anda berharga dan mampu menaklukan masalah yang dihadapi, mengelola stres, melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran, cukup beristirahat, melakukan konsultasi pada profesional seperti pada dokter ahli psikiatri atau psikolog terlebih jika Anda berpikiran atau melakukan tindakan yang menyakiti diri.

Nantinya akan dilakukan penanganan baik melalui konseling dan juga pemberian obat jika diperlukan untuk menangani depresi yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom baby blues bisa dialami ibu setelah menjalani persalinan.

3 Jenis Depresi Ini Berisiko Dialami Orangtua Setelah Kelahiran Anak

Depresi setelah kelahiran anak umum menyerang ayah ataupun ibu. Terdapat beberapa jenis gangguan mental pasca persalinan dan ciri-ciri yang membedakannya.