Mengatasi bisul yang tumbuh di puting payudara

L Info Penanya: L, Wanita, 22 Tahun
Sore, Dokter,Dok, diputing sebelah kiri saya ada benjolan, rasanya panas dan nyeri. Saya sudah USG mammae dan hasilnya bagus dan tidak ada kelainan. Kata dokter kemungkinan benjolan itu adalah bisul, lalu bagaimana penanganan selanjutnya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu Li,

Bisul adalah infeksi akibat kuman yang dapat tumbuh dimana bagian tubuh manusia, yang memiliki kelenjar keringat dan rambut. Apakah Ibu saat ini dalam kondisi menyusui? Kalau sedang menyusui bisa jadi benjolan adalah bendungan air susu yang mengakibatkan infeksi atau dikenal dengan nama mastitis.

Bila bisul maka pengobatan dapat diberikan penghilang sakit dan antibiotik yang dioleskan dan yang diminum, harus dipastikan bisul sembuh sempurna supaya mencegah kembuh lagi. Sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum (SpB) atau Dokter Kandungan (SpOG) untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu menyusui hanya berisiko kecil mengalami kanker payudara, dibandingkan yang tidak menyusui.

Ibu Menyusui Tak Berisiko terhadap Kanker Payudara, Benarkah?

Tidak hanya untuk bayi, menyusui juga ternyata dapat memberikan manfaat yang besar bagi ibu. Menurut penelitian, ibu menyusui dianggap memiliki risiko lebih rendah untuk menderita kanker payudara dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.