Mengatasi berhubungan cepat keluar

A Info Penanya: A
Cara mengatasi kalo berhubungan cepat kali keluarnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Keluar terlalu cepat saat berhubungan sering dialami banyak laki-laki. Terutama yang baru menikah. Karena belum terbiasa dengan sensasi saat berhubungan. Kebanyakan laki-laki hanya membutuhkan 5 menit untuk orgasme. Sedangkan wanita butuh rata-rata 15 menit. Jadi caranya dengan lebih lama foreplay. Anda juga harus lebih menahan diri, jangan terlalu mengebu-gebu. Anda bisa merasakan sensasi ketika mendekati orgasme. Stop sebentar pasang kondom, jadi Anda melakukan tindakan stop start dan kondom untuk mengurangi sensasinya orgasme. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan pengaman dari awal untuk mencegah penyakit dan kehamilan.

Faktor psikis juga besar peranannnya, ada kaitan dengan kadar hormon serotonin dengan waktu timbulnya ejakulasi. Pada seseorang dengan stres, depresi, tekanan di tempat kerja atau cemas karena ejakulasi dini maka kadar hormonnya akan terganggu. 

Beberapa teknik untuk mengatasi ejakulasi dini :

  1. Berhenti dan mulai (stop and start) : saat Anda merasa akan ejakulasi, stop dulu beberapa menit, atur nafas dan mulai kembali setelah sensasinya berkurang. Saat berhenti remas kepala penis Anda. Selagi mengatur nafas bisa foreplay kembali atau memasang kondom. 
  2. Latihan kegel untuk memperkuat otot panggul. Caranya mudah, saat Anda buang air kecil. Setelah keluar kencing beberapa saat Anda tahan sampai kencingnya berhenti. Yang mengencang adalah otot dasar panggul yang perlu kita latih. Anda bisa melakukan ini kapan saja saat sedang bekerja, menyetir, mandi, duduk atau berdiri. Semakin lama Anda bisa mengencangkan otot dasar panggul maka akan semakin lama Anda bisa menahan ejakulasi. Anda juga bisa melakukan kegel pada saat berhubungan agar ereksi lebih keras.

Kalau memang belum berhasil langkah selanjutnya adalah dengan konseling bisa menemui dokter atau psikolog terutama pada klinik pasutri. Saya lampirkan juga artikel mengenai gerakan senam kegel untuk lebih jelasnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)