11 Dec 2018, 23:02Penyakit Lainnya

Mengatasi anak susah makan

Z
Info Penanya: Z, Wanita, 26 Tahun
Halo Dokter, Bagaimana caranya untuk mengatasi anak yang susah makan dan vitamin apa yang cocok untuk memperbaiki gizi dan kondisi tubuh anak agar perkembangannya jauh lebih baik? Usianya masih dibawah 2 tahun. Terima kasih sebelumnya Dok.
12437 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Ibu Z,Sangat disayangkan Ibu tidak mencantumkan Berat Badan anak Ibu, sehingga sulit memprediksi pertumbuhan dan perkembangan anak saat ini. Sebagai patokan sederhana bila Berat Badan anak sejak lahir terus bertambah, dan pertumbuhan tidak terhambat maka itu adalah pertanda yang baik.Anak pada umur 2 tahun, sudah dapat memakan semua jenis makanan yang sama dengan yang dimakan oleh orang dewasa. Bila anak susah makan, Ibu dapat menerapkan beberapa tips berikut :
  • Cari penyebab anak tidak mau makan, dan atasi contohnya apakah anak dalam kondisi sakit, lelah dan marah.
  • Anak adalah peniru dari orang tua, pola makan orang tua akan ditiru oleh anak – anak. Seringlah makan bersama dengan anak dan berilah contoh yang baik tentang pola makan yan gbaik kepada anak.
  • Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik untuk anak, dan warna- warni yang menarik sehingga anak tertarik untuk makan.
  • Usahakan menyajikan menu yang bervariasi dan tidak monoton.
  • Berikan makanan dalam porsi kecil kepada anak, yang fungsinya sebagai pengenalan jenis makanan.
  • Jangan memaksa dan mengancam anak untuk makan, yang dapat menimbulkan perasaan trauma pada anak setiap waktu makan.
  • Usahakan menciptakan perasaan gembira, dan nyaman saat waktu makan. Contohnya mengajak anak memilih makanannya sendiri, mengajak anak ikut mengolah makanannya dll.
Kekurangan asupan Vitamin B Kompleks dan Vitamin C dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan pada anak, namun sebenarnya vitamin tidak memberikan efek peningkatan nafsu makan. Vitamin membantu tubuh menggunakan atau menyerap nutrisi dari makanan sehingga dengan mengembalikan keseimbangan Vitamin dalam tubuh maka nafsu makan dapat meningkat.Sebaiknya sebelum memberikan obat dalam bentuk apapun, kunjungi dahulu Dokter Spesialis Anak terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Salam Sehat
klinik tumbuh kembang anaknutrisi anakmengatasi anak susah makanvitamin anaknafsu makan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil