Mengata gatal pada tangan dan kaki sehabis mandi tetapi tidak ada bentol ataupun ruam ?

SL Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Malam, dok. Saya mengalami gatal pada tangan dan kaki sehabus mandi. Gatal tidak bentol2 dan tidak ada ruam. Gatalnya cekit2 gitu dok-_- kenapa ya? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SL.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal merupakan sensasi paling minimal dari nyeri, hal ini berhungungan dengan sensasi sensorik atau perasa dari saraf. Gatal yang dirasakan pada tangan dan kaki umumnya dialami karena keadaan kulit yang terlalu kering atau karena cuaca yang terlampau dingin disertai udara yang kering.

Namun, apabila keadaan tersebut terus berlanjut, terkadang perlu diwaspadai karena dapat merupakan gejala dari suatu kondisi medis.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tangan dan kaki terasa gatal :

Apabila keluhan Anda terus berlanjut, untuk mengetahu penyabab dari keadaan tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan saran dan pengobatan yang tepat.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah mencoba menghindari terjadinya keadaan kulit yang terlalu kering dengan mengoleskan krim atau lotion setelah mandi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain psoriasis, cacar api, eksim, dan rosacea juga termasuk masalah kulit orang dewasa

7 Jenis Masalah Kulit Orang Dewasa yang Harus Diwaspadai

Tidak hanya psioriasis, ada beberapa penyakit lain yang menjadi masalah kulit orang dewasa. Cacar api, urtikaria, psoriasis, eksim, rosacea, cold sores, hingga ruam karena tumbuhan juga menjadi masalah kulit orang dewasa.