21 Aug 2020, 12:55Kulit & Kelamin

Mengapa wajah perih setelah pakai wardah c defense?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya ikut-ikutan teman memakai wardah c defense untuk mencerahkan wajah. Tapi kok wajah saya malah terasa perih ya setelah pakai produk tersebut? Apa saya harus ke klinik dok?
5456 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, FF.Wajah yang perih setelah menggunakan suatu produk paling sering disebabkan karena kondisi alergi. Kondisi ini berbeda pada satu orang dan lainnya, yang artinya bahan pada krim tersebut bisa menyebabkan alergi pada kulit Anda, tetapi aman bagi kulit teman Anda.Apabila terasa perih, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut. Lalu, untuk sementara, hindari juga menggunakan produk yang memiliki kandungan sejenis.Terkait pertanyaan Anda apakah perlu ke klinik atau tidak, pada prinsipnya, kondisi alergi dapat sembuh dengan sendirinya apabila tidak ada paparan berulang. Oleh karena itu, untuk sementara, Anda dapat memantau dulu kondisi kulit Anda selama satu minggu ke depan. Lakukan beberapa hal berikut:
  • Mengurangi penggunaan make up pada wajah untuk sementara waktu
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama
  • Minum air putih yang cukup agar kulit wajah terhidrasi
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E, misalnya buah kiwi
  • Apabila rasa perih berubah menjadi gatal, konsumsi tablet antihistamin yang dijual bebas seperti chlorpheniramine maleate
Namun, apabila tidak ada perbaikan atau kondisi kulit semakin parah (misalnya mengelupas atau menjadi koreng), segera periksakan ke dokter spesialis kulit, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang tepat dan sesuai untuk wajah Anda, baik obat oles maupun minum. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergidermatitisdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil