03 Aug 2020, 09:12Kulit & Kelamin

Mengapa wajah kemerahan setelah pakai cream susu domba?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, semingguan ini saya pakai cream susu domba yang sedang ramai dibicarakan. Tapi kok perasaan saya malah kulit saya terlihat kemerahan, kadang-kadang suka terasa panas. Bagaimana ya dok? Apakah ini efek samping dari cream tersebut?
39860 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat pagi, WI. Memiliki kulit yang bersih, putih dan mulus merupakan dambaan semua orang terutama wanita. Berbagai cara akan dilakukan demi mendapatkan hasil yang sempurna bagi kulit. Saat ini sedang populer penggunaan cream susu domba. Dimana pada dasarnya cream ini belum memiliki penelitian yang cukup untuk kadar keamanannya saat dipakai pada manusia. Banyak produk kecantikan seperti cream susu domba ini mengklaim bahwa dapat memutihkan kulit terutama wajah. Namun Anda harus berhati-hati dan mengecek apakah cream ini sudah masuk dalam daftar nama merk di BPOM sebelum memilihnya sebagai produk perawatan kulit.Cream susu domba dikabarkan memberikan efek samping berupa alergi dan iritasi. Oleh sebab itu dianjurkan untuk melakukan tes percobaan terlebih dahulu sebelum Anda memakainya untuk keseluruh bagian wajah Anda.

Beberapa cara mengetes cream susu domba sebelum dipakai keseluruh bagian wajah:

  • Coba terlebih dahulu mengoleskan cream susu domba pada bagian belakang telinga, dan diamkan semalaman. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi berupa kemerahan, gatal dan peradangan dapat dikatakan aman.
  • Tes kedua coba lakukan hal yang sama pada bagian pelipis jika tidak ada reaksi alergi berarti crem tersebut aman digunakan.
  • Dan Anda dapat menggunakan krim tersebut sesuai aturan pakainya didalam kemasan.

Untuk menjaga kesehatan kulit tidak hanya dari luar saja namun butuh juga perawatan dari dalam seperti melakukan hal dibawah ini:

  • Rajin olahraga.
  • Banyak minum air putih minimal 2-3 liter/hari.
  • Makan banyak sayur dan buah.
  • Tidur yang cukup dan hindari kondisi yang membuat stres.
Jika memiliki reaksi alergi segera lakukan pemeriksaan kepada dokter kulit ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil