Mengapa tubuh terasa panas dan gatal setelah minum alkohol?

Z Info Penanya: Z, Pria, 26 Tahun
Pagi dok, semalam saya diajak teman-teman minum anggur merah orang tua bersama. Awal-awal saya tidak merasa ada yang aneh, tapi kok tiba-tiba tubuh saya terasa panas dan gatal ya dok pagi ini? Mohon informasinya, dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T.

Mengomsumsi alkohol pada bererapa negara dan daerah tertentu telah dianggap sebagai budaya yang umumnya dilakukan sebagai bentuk selebrasi akan berbagai acara maupun peristiwa. Akan tetapi sejatinya konsumsi alkohol yang berlebih ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, konsumsi alkohol berlebih dapat menumpuk di aliran darah dan mengganggu fungsi tubuh hingga memicu terjadinya penyakit kronis.

Adapaun berbagai dampak buruk alkohol bagi kesehatan yang terlampir pada artikel berikut sebagai informasi tambahan untuk Anda. 

Mengenai pertanyaan Anda tentang efek alkohol yang membuat tubuh menjadi panas pada dasarnya menurut penelitian, hal tersebut terjadi karena pembuluh darah mengalami pelebaran atau dilatasi serta adanya reseptor sensorik saraf otak yang menangkap sinyal pesan berupa panas dari tubuh. Namun nyatanya tidak ada efek kenaikan suhu tubuh ataupun efek yang membuat tubuh menjadi benar-benar hangat karena alkohol.

Sedangkan perihal rasa gatal setelah mengonsumsi alkohol umumnya terjadi akibat adanya reaksi intoleransi alkohol. Keadaan ini banyak ditemukan pada ras Asia, dimana tubuh tidak memiliki enzim tertentu yang berfungsi untuk menguraikan racun di dalam alkohol sehingga timbulah berbagai gejala intoleransi seperti gatal atau bahkan ruam. Selain intoleransi, adapula reaksi alergi dimana tubuh menghasilkan antibodi khususnya imunoglobulin E yang dapat berdampak lebih parah dari reaksi intoleransi.

Keadaan panas dan gatal yang dialami pasca konsumsi alkohol umumnya dapat menghilang dalam beberapa hari setelah konsumsi alkohol. Akan tetapi tidak ada cara mengatasi khusus untuk keluhan tersebut selain mencegahnya, dimana upaya pencegahan tersebut yakni mennghindari konsumsi berlebih atau bahkan berhenti konsumsi alkohol sama sekali. 

Karena reaksi alergi dapat lebih parah, jika keluhan memberat atau tidak kunjung menghilang setelah berhari-hari, periksakanlah diri Anda ke dokter terdekat.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya alkohol yang perlu diperhatikan adalah dapat menyebabkan kecanduan

7 Bahaya Alkohol yang Wajib Diwaspadai

Tidak ada yang baik jika dikonsumsi berlebihan, terlebih ketika sudah bersinggungan dengan alkohol. Jika ada yang masih terbiasa mengonsumsi alkohol berlebihan dan sering, waspadai bahaya alkohol mulai dari ketagihan hingga depresi.