Mengapa tiba-tiba alergi buah mangga saat hamil?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, akutuh suka banget makan buah mangga.. tapi kenapa pas hamil aku makan buah mangga lidah ku lebih mudah gatal ya dok? Mohon informasinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Buah mangga merupakan salah satu buah yang menjadi favorit atau kegemaran ibu-ibu yang sedang hamil, terutama ibu hamil muda yang suka makan mangga muda yang asam. Di dalam buah mangga ini terkandung banyak vitamin mulai vitamin A, B6, C, asam folat, kalium, zat besi, dll sehingga tentunya sangat bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Sebenarnya tidak ada pantangan ibu hamil mengonsumsi mangga, namun tetap konsumsi mangga ini tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan diare dan kalorinya yang tinggi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil yang berat badannya sudah berlebihan atau adanya riwayat diabetes.

Perihal kondisi Anda yang sedang hamil dan merasakan gatal pada lidah ketika makan buah mangga maka bisa saja akibat getah mangga tersebut. Sebaiknya kumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Selain itu pilih mangga yang masak pohon dan tidak dikarbit sehingga tidak ada kandungan bahan kimia di dalam buah mangganya.

Selain mengandalkan buah mangga, maka Anda juga bisa mengonsumsi buah alpukat, semangga, apel, dll untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda yang sedang hamil.

Dan jangan lupa untuk rutin kontrol ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kacang hijau pada ibu hamil terutama didapatkan dari kandungan folat

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Ternyata Berlimpah

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil antara lain mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat, mendukung perkembangan otak janin dan mencegah berbagai penyakit kronis.