Mengapa terjadi kesemutan/kebas pada luka bekas jahitan?

A Info Penanya: A, Pria, 23 Tahun
Selamat malam dokter , saya Ardi umur 23 Saya ingin mengajukan pertanyaan , hampir 2 Mingguan lalu paha saya sobek lumayan dalam dan harus dioperasi , 2 hari kemarin saya baru lepas jaitan tetapi kok bagian paha persis dibawah jaitan terasa kesemutan agak mati rasa dan kencang , membuat saya susah menekuk kaki saya . Bagaimana tanggapan dokter apa yang harus saya lakukan , dan biasakah hal seperti ini .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, A.

Jahitan di kulit dapat menyebabkan mati rasa karena dapat menyebabkan pada luka terdapat robekan selain pada kulit namun juga pada saraf tepi sehingga akan menyebabkan mati rasa dan kesemutan.

Untuk kondisi dimana kaki sulit menekuk dapat disebabkan oleh karena tarikan kulit yang menyebabkan nyeri dan juga dapat pula disebabkan karena nyeri akibat dari robekan tersebut. Untuk memastikannya harus ke dokter ya agar dilihat dan diperiksa secara langsung.

 

Proses penyembuhan luka membutuhkan beberapa waktu, biasanya proses ini terjadi selama 7-14 hari namun tergantung dari jenis luka dan adakah komplikasi atau tidak  misalnya infeksi, riwayat kencing manis dsb.

Jangan menunda ke dokter ya agar penyembuhan pada anda maksimal.

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab rasa gatal bukan hanya saja dari pakaian

Kenali Penyebab Gatal dan Cara Mengatasinya

Rasa gatal pada kulit ternyata ada beberapa penyebab. Penyebabnya yaitu kulit kering, infeksi bakteri dan jamur, alergi bahkan penggunaan obat-obat tertentu. Cara mengatasinya pun berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.